Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Pada Materi Klasifikasi Benda Melalui Model Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 3 Simo

Dalyono, Bambang and Agustina, Dwi Ampuni and Cahyono, Wawan Dwi (2014) Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Pada Materi Klasifikasi Benda Melalui Model Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 3 Simo. Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan.

[img]
Preview
Text
2014_333.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktifitas dan hasil belajar IPA materi klasifikasi benda bagi siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Simo Tahun Pelajaran 2014/2015 melalui penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini dilaksanakan SMP Negeri 3 Simo pada tahun pelajaran 2014/2015 dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VII A yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pada siklus I pembelajaran dilakukan dengan penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan kelompok besar yang beranggotan 7 orang, sedangkan pada siklus II penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan kelompok kecil yang masing-masing kelompok. Pada masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan deskriptif komparatif yang dilanjutkan refleksi. Deskriptif komparatif dilakukan dengan membandingkan data kondisi awal, siklus 1 dan siklus 2, baik untuk aktifitas belajar dan hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan aktifitas belajar IPA materi klasifikasi benda bagi siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Simo pada semester 1 tahun pelajaran 2014/2015. Terbukti persentase jumlah siswa dalam kategori aktifitas belajar baik meningkat dari kondisi awal 17,86% menjadi 64,29% pada siklus I dan menjadi 92,86% pada siklus II atau pada kondisi akhir mengalami peningkatan sebesar 75% dari kondisi awal. Kedua, penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi klasifikasi benda bagi siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Simo pada semester 1 tahun pelajaran 2014/2015. Terbukti persentase ketuntasan belajar siswa meningkat dari kondisi awal 17,86% menjadi 60,71% pada siklus I dan menjadi 85,71% pada siklus II atau pada kondisi akhir mengalami peningkatan sebesar 67,86% dari kondisi awal.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2014_333
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning, hasil belajar IPA, aktifitas belajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 10 Nov 2016 01:43
Last Modified: 19 Sep 2018 02:41
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6104

Actions (login required)

View Item View Item