K.s., Sukardi and Raharjo, Bambang Winanto and Sugiyarti, Indah (2014) Implementasi Model Pembelajaran KTM2 (Kooperatif Terpadu Menyimak dan Menulis) Berbasis Video Lagu Populer untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas VII SMPN 1 Bringin Kabupaten Semarang. Project Report. Universitas Terbuka, Semarang.
|
Text
2014_118.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Sukardi Ks.dkk. 2014. Implementasi Model Pembelajaran KTM2 (Kooperatif Terpadu Menyimak dan Menulis) Berbasis Video Lagu Populer untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas VII SMPN 1 Bringin Kabupaten Semarang. Menulis cerpen merupakan salah satu bentuk komunikasi lisan dan merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa kelas VII A. Namun, kenyataannya kemampuan siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Bringin Tahun Pelajaran 2013/2014 dalam memulis cerpen masih kurang. Hal ini ditandai dengan nilai rata-rata (kemampuan awal) menulis cerpen mereka hanya 55,16. Jumlah siswa yang mencapai KKM atau terlampaui (mendapat nilai 70 atau lebih) hanya 5 siswa (16,66%). Berdasarkan analisis data penyebab permasalahan ini ditemukan dua faKtor utama, yaitu faktor siswa dan faktor guru. Dilihat dari faktor siswa, kesulitan ini terletak pada (1) menulis pembukaan cerpen yang menarik, (2) membangun tokoh yang hidup, (3) menciptakan alur yang menarik, (4) membangun latar dan, (5) menggunakan bahasa dalam cerpen. Adapun ditinjau dari aspek guru, guru dalam membelajarkan kompetensi dasar masih menggunakan strategi, metode yang monoton, dan kurang menarik bagi siswa. Permasalahan ini akan diselesaikan dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan model pembelajaran KTM2 (Kooperatif Terpadu Menyimak dan Menulis) berbasis video lagu populer, yakni pembelajaran diawali dengan bernyanyi bersama lagu popular sambil menyimak video lagu populer itu. Selanjutnya siswa berkelompok-kelompok untuk mendiskusikan isi lagu populer tersebut. Kegiatan berikutnya siswa menyusun kerangka cerpen berdasarkan isi lagu. Selanjutnya siswa mengembangkan kerangka cerpen menjadi cerpen yang menarik. Penulisan cerpen dilakukan secara individual. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) meningkatkan aktivitas, antusias, dan kreativitas siswa dalam pembelajaran (2) menciptakan suasana pembelajaran yang menarik, kondusif, efektif, inovatif dan menyenangkan, (3) meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerpen, (4) sebanyak 85% atau lebih siswa mencapai KKM atau terlampaui (mendapat nilai 70 atau lebih). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dalam dua siklus. Adapun prosedur penelitian yang digunakan dalam setiap siklus terdiri atas: (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Penetapan masalah, penyebab masalah, dan solusinya dilaksanakan pada tahap perencanaan. Pelaksanaan tindakan berupa penerapan model pembelajaran KTM2 berbasis video lagu populer dalam membelajarkan kompetensi menulis cerpen. Pengumpulan data triangulasi dilakukan pada tahap observasi secara kolaburator. Semua data yang diperoleh direfleksi untuk mengetahui sejauh mana solusi mengenai masalah. Hasil refleksi dijadikan dasar untuk pelaksanaan siklus berikutnya. Hasil PTK ini menunjukkan adanya perubahan cukup signifikan. Suasana pembelajaran menjadi kondusif, menarik dan menyenangkan, aktivitas, semangat, antusias dan kreativitas siswa meningkat. Kemampuan siswa dalam menulis cerpen meningkat walaupun tujuan penelitian belum tercapai karena sampai pada akhir siklus dua, siswa yang mencapai KKM atau terlampaui baru mencapai 24 siswa atau 80%. Kebelumbersihan tujuan penelitian ini menunjukkan bahwa masih ada kekurangan-kekurangan pada siklus dua sehingga diperlukan action plan. Action plan yang dirumuskan tercantum dalam Bab V bagian implikasi/rekomendasi laporan penelitian ini.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information (ID): | 2014_118 |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan menulis cerpen, KTM2, Video Lagu Populer |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 10 Nov 2016 02:31 |
Last Modified: | 09 Apr 2020 04:09 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6125 |
Actions (login required)
View Item |