Surasmi, Wuwuh Asrining and Prasetya, Agus (2014) Model-Model Pemberdayaan Guru SMAN 2 Kota Madiun. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.
|
Text
2014_160.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini, bahwa lembaga pendidikan sangat diperlukan adanya pemberdayaan guru untuk peningkatan mutu dan kualitas guru. Peningkatan kualitas guru adalah suatu keharusan dalam menghadapi tantangan global kehidupan dan perkembangan pendidikan masa depan, agar lembaga pendidikan tidak ketinggalan. Adapun kenyataan pemberdayaan Guru SMAN 2 Kota Madiun bagaimana? Sehingga perlu penulis mengadakan penelitian dengan judul: “ Model-model Pemberdayaan SDM Guru di SMAN2 Kota Madiun”. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kebijakan pemberdayaan guru, model-model pemberdayaan guru serta faktor pendukung dan penghambat pemberdayaan SDM guru di SMAN 2 Kota Madiun. Penelitian ini dirancang dan dianalisa secara kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yang saling mendukung yaitu interview, observasi dan dokumentasi dengan kepala sekolah, komite SMAN 2 Madiun dan guru. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman yang terdiri dari empat alur kegiatan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif interpretatif didukung dengan teori TQM. Hasil penelitian pemberdayaan guru SMA Neneri 2 Kota Madiun menjadikan sekolah ini menghasilkan lulusan yang prestasi baik, dimana 80% siswanya dapat masuk di perguruan tinggi Negeri. Adapun tehnik pembedayaan guru di SMA Negeri 2 Kota Madiun dengan cara sebagai berikut : (1) adanya pelatihan, workshop, penataran, bagi guru yang diselenggarakan oleh dinas Pendidikan Jawa Timur, instansi lain. (2) guru-guru meningkan kemampuan akademik dengan studi S2 di baik dengan biaya mandiri, bea siswa pemkot mapun biaya sharing..(3) pertukaram guru dengan sekolah sederajat laur negeri seperti Cina, AS, jerman. (4) guru dianjurkan mengikuti seminar, lomba karya ilmiah yang dibiayai sekolah. (5) mengikuti pembinaan karier kursus PBM, dan MGBS yang diselenggarakan pemkot Madiun.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information (ID): | 2014_160 |
Uncontrolled Keywords: | Guru, SDM, TQM, Pemberdayaan. |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar) 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.812 Customer Satisfaction/TQM/Quality Of Service (Kepuasan Pelanggan) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 10 Nov 2016 03:40 |
Last Modified: | 15 Sep 2020 09:16 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6152 |
Actions (login required)
View Item |