Wasono, Nanang Ebi and Nugraha, Benny (2014) Paradigma Kristis Tranformatif Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Peningkatan Kreatifitas Berfikir Siswa SDN 01 Lowokwaru Malang. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.
|
Text
2014_168.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan problematisasi terhadap modernisme pendidikan, dengan melihat kelemahan dan ketidakbaikan “Filsafat Modern” yang dimulai dari Rasionalisme,Empirisme, dan Positivisme bahkan Saintivisme”. Dan untuk menjalani studi kritik terhadap landasan epistemologi pengetahuan modernisme pendidikan di atas penulis menggunakan semangat pengetahuan filsafat mulai Madzhab Kritis sampai Posmodern, sehingga akan lebih terlihat kelemahan dan ketidakbaikan modernisme pendidikan. Untuk itulah, akan diformulasikan pendidikan yang menjadikan madzhab kritis dan posmodern sebagai landasan epistimologinya dengan istilah “Berparadigma Kritis Transformatif Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Peningkatan Kreatifitas Berfikir Siswa”, untuk mengkritisi modernisme pendidikan dengan harapan akan terjadi perubahan (transformasi) baik disisi pengembangan pengetahuannya maupun kehidupan sosial yang dikehendakinya, yang tentunya berbeda dengan harapan modernism pendidikan, dengan fokus penelitian: 1. Bagaimana Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berparadigma Kritis Tranformatif Dalam Peningkatan Kreatifitas Berfikir Siswa SDN 01 Lowokwaru Malang, 2. Bagaimana pelaksanaan Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berparadigma Kritis Tranformatif Dalam Peningkatan Kreatifitas Berfikir Siswa SDN 01 Lowokwaru Malang, 3. Kendala apa sajakah yang dihadapi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berparadigma Kritis Tranformatif Dalam Peningkatan Kreatifitas Berfikir Siswa SDN 01 Lowokwaru Malang, 4. Upaya yang dilakukan guru Dalam pengembangan kreatifitas siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia berparadigma kritis tranformatif di SDN 01 Lowokwaru Malang. Dalam peneliti ini, penulis menggunakan Library Research, yaitu penulisan berdasarkan literatur melalui penyelidikan kepustakaan dengan membaca buku-buku primer, skunder dan penunjang yang berhubungan dengan pembahasan yaitu “Paradigma Kritis Transformatif Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Peningkatan Kreatifitas Berfikir Siswa”, sebuah modernisme pendidikan, melalui teknik pengumpulan data dokumenter, teknik analisis datanya menggunakan (1) Analisis Deskriptif, (2) Conten Analisis, dan (3) Analisis Kritis. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa konsep kritis transformatif dapat digunakan sebagai katalis untuk arah baru Pendidikan, baik di epistimologi pengembangan pengetahuannya, hubungan sekolah dan masyarakat (dari subyek-subyek menjadi partisipatoris intersubyektif), hubungan sekolah dan masyarakat (dari induvidualis menjadi partisipator), kurikulum (dari vertikal menjadi horizontal), serta pola pembelajaran (dari intimidatif menjadi partisipatoris), tujuan pembelajaran (menjadi lebih mandiri, kritis dan peka sosial), isi pembelajaran (lebih komunikatif), metode x pembelajaran (dari dogmatis menjadi dialogis intersubyektif), pendekatan pembelajaran (dari pedagogis dogmatis menjadi andragogy dialogis) evaluasi pembelajarannya (lebih partisipatoris dan komprehensif), dan pengelolaan media pembelajaran (lebih tepat guna) maupun andaian kehidupan sosialnya yang berkeadilan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan wahana yang konstruktif dalam kaitannya dengan peningkatan mutu Pendidikan Bahasa Indonesia kedepan, baik secara teoritis maupun praktis, selain itu hasil penilaian ini belum bisa dikatakan final, maka dari itu diharapkan terdapat peneliti lebih lanjut yang mengkaji ulang hasil penelitian ini.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information (ID): | 2014_168 |
Uncontrolled Keywords: | Paradigma Kritis Transformatif, Pembelajaran Bahasa Indonesia, |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 10 Nov 2016 04:26 |
Last Modified: | 28 Feb 2019 04:26 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6172 |
Actions (login required)
View Item |