Partisipasi Mahasiswa Program Studi S1 Ilmu Komunikasi Pada Forum Diskusi di Program Tutorial Online

Rusli, Yanis and Windrati, Nila Kusuma (2014) Partisipasi Mahasiswa Program Studi S1 Ilmu Komunikasi Pada Forum Diskusi di Program Tutorial Online. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2014_169.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tutorial Online (tuton) merupakan salahsatu program bantuan belajar yang diberikan oleh UT kepada mahasiswa melalui media Komunikasi berbasis online. Dengan adanya tuton, mahasiswa bisa berdiskusi dan bertanya jawab dengan tutor dan atau sesama peserta tuton mengenai materi pelajaran terkait yang belum atau kurang dipahami. Mengingat manfaat forum diskusi yang cukup besar bagi mahasiswa peserta tuton, maka seharusnya mahasiswa memanfaatkan sebaik mungkin forum diskusi yang disediakan untuk mereka tersebut. Namun dari hasil pengamatan sementara terhadap forum diskusi yang ada di beberapa tuton tampak masih banyak mahasiswa yang tidak memanfaatkan forum tersebut untuk berdiskusi dan bertanya jawab dengan dosen dan atau sesama peserta tuton, mereka tidak berpartisipasi aktif dalam forum diskusi. Bahkan yang lebih disayangkan lagi ada sejumlah mahasiswa yang sebenarnya telah mengakses tuton tetapi tidak aktif di forum diskusi. Penyebab ketidak aktifan mereka adalah aksesibilitas terutama masalah jaringan yang sering mengalami gangguan, sedangkan ketersediaan media komunikasi dapat mereka penuhi. Mereka jarang memperoleh umpan balik dari tutor dan materi atau topic diskusi tersedia kurang menarik. Di samping itu kesibukan mahasiswa diluar kegiatan tuton seperti kesibukan kerja untuk mencari nafkah membuat forum diskusi jadi terabaikan. Fenomena ini diperoleh dari informasi mahasiswa Program Studi ilmu Komunikasi yang menjadi peserta tuton masa registrasi 2014.2 namun tidak ikut dalam forum diskusi tapi mengirimkan tugas. Mereka diambil secara acak dan dikirimi kuesioner. Agar Tuton lebih menarik dan banyak diminati maka diperlukan adanya sosialisasi, tutor memberikan umpat balik, membuat topik diskusi lebih menarik dan mengurangi jumlah peserta dalam kelas virtual tuton.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2014_169
Uncontrolled Keywords: partisipasi, mahasiswa, ilmu komunikasi, forum diskusi, program tutorial online
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 10 Nov 2016 04:30
Last Modified: 10 Nov 2016 04:30
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6174

Actions (login required)

View Item View Item