Sekarwinahyu, Mestika (2014) Pemahaman Mahasiswa S1 Pendidikan Biologi Terhadap Materi Pada Program Materi Pengayaan Berbasis Online (MPBO) Dengan Menggunakan Peta Konsep. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.
|
Text
2014_173.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Bahan ajar cetak (modul) merupakan hal yang utama dalam penyelenggaraan pendidikan pada Sistem Pendidikan Jarak Jauh seperti Universitas Terbuka (UT. Untuk mengatasi kesulitan mahasiswa dalam memahami bahan ajar, UT telah menyiapkan berbagai bantuan belajar salah satunya berupa program Matei Pengayaan Berbasis Online (MPBO). Sementara itu, UT telah mewajibkan agar setiap tutor dari Tutorial Online untuk mengaitkan tutorial online dengan bahan ajar non cetak yang telah disediakan termasuk program MPBO agar MPBO dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa. Untuk mengetahui sejauh mana mahasiswa Pendidikan Biologi UT memahami konsep-konsep materi yang dipelajarinya dalam program MPBO dan untuk mengetahui apakah belajar bermakna terjadi pada mahasiswa dengan mempelajari materi melalui program MPBO, maka dapat digunakan Peta Konsep sebagai alat alat evaluasi. Tahapan dari penelitian ini adalah mengintegrasikan program MPBO ke dalam salah satu inisiasi tutorial online, mahasiswa ditugaskan untuk mempelajari materi yang ada pada MPBO tersebut dan mengembangkan peta konsep dari materi yang sudah dipelajarinya serta mengupload peta konsep tersebut pada salah satu tugas tutorial online yang telah ditentukan. Untuk membuat peta konsep, mahasiswa diberikan pemahaman tentang apa, mengapa, dan bagaimana peta konsep dikembangkan. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Maret sampai dengan November 2014 dengan melibatkan tutor dan mahasiswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tugas pembuatan peta konsep dan kuesioner. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa 1) Peta konsep dapat mengukur tingkat pemahaman mahasiswa S1 Pendidikan Biologi terhadap materi MPBO, 2) Peta konsep dapat mengambarkan adanya belajar bermakna pada mahasiswa yang mempelajari materi melalui MPBO, 3) Perbedaan tingkat pemahaman antar mahasiswa yang mempelajari materi pada MPBO dapat ditunjukkan oleh peta konsep yang dikembangkannya , dan 4) Peta konsep dapat digunakan sebagai tugas tutorial online dalam menumbuhkan belajar bermakna bagi mahasiswa .
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information (ID): | 2014_173 |
Uncontrolled Keywords: | Materi Pengayaan Berbasis Online, Peta Konsep, Belajar Bermakna, Tutorial Online |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 10 Nov 2016 04:51 |
Last Modified: | 18 Jun 2020 15:07 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6186 |
Actions (login required)
View Item |