Sekarwinahyu, Mestika and Rahayu, Ucu (2012) Model Tutorial Online (Tuton) Dengan Pendekatan Penugasan Peta Konsep Sebagai Upaya Menumbuhkan Belajar Bermakna Pada Mahasiswa S1 Pendidikan Biologi Studi kasus Pada Tuton Mata Kuliah Perkembangan Tumbuhan (PEBI4309) dan Mata Kuliah Evolusi dan Sistematika Mahluk Hidup(PEBI4204). Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.
|
Text
2012_228.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tutorial Online mata kuliah Perkembangan Tumbuhan dan matakuliah Evolusi dan Sistematika Mahluk Hidup telah ditawarkan sejak tahun 2007. Tugas yang diberikan kepada mahasiswa berupa tugas dalam bentuk uraian dimana mahasiswa diminta untuk memberikan jawaban terhadap pertanyaan yang diberikan. Dari jawaban yang diterima menggambarkan mahasiswa menjawab sesuai dengan tugas yang diberikan dan jawaban mahasiswa cenderung memiliki pola jawaban yang sama, dan seringkali ada beberapa mahasiswa yang memberikan jawaban yang sama persis sehingga tidak menggambarkan sejauh mana mereka memahami keterkaitan antara konsep-konsep yang telah mereka pelajari dan apakah belajar bermakna telah berlangsung pada diri mereka. peta konsep merupakan salah satu teknik evaluasi yang dapat digunakan untuk mengukur pemahaman mahasiswa pada konsep-konsep yang telah dipelajarinya. Selain itu, peta konsep merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk mengetahui apakah pada diri seseorang (terutama pada kemampuan kognitifnya) telah terjadi proses belajar, sehingga apa yang dipelajari bermakna. Disamping itu peta konsep dapat juga dikatakan sebagai alat untuk melihat dan memahami strategi berpikir seseorang. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian tentang Pengembangan Prototipe Model Tutorial Online (Tuton) Dengan Pendekatan Penugasan Peta Konsep Sebagai Upaya Menumbuhkan Belajar Bermakna Pada Mahasiswa S1 Pendidikan Biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran peta konsep jika pengembangannya dijadikan sebagai tugas tutorial online mata kuliah Evolusi dan Sistematika Mahluk Hidup dan mata kuliah Perkembangan Tumbuhan dalam menumbuhkan belajar bermakna bagi mahasiswa dan untuk memperoleh gambaran perbedaan tingkat pemahaman antar mahasiswa peserta tutorial online dilihat dari peta konsep yang dikembangkan mahasiswa. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitianini adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D), yaitu dengan mengembangkan Model Tuton dengan pendekatan penugasan Peta Konsep. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa 1). mahasiswa belum memahami mengenai pentingnya sebuah kata penghubung. Hal ini dapat dilihat dari sebagian besar konsep-konsep yang mereka kaitkan dengan konsep-konsep yang lain tidak mencantumkan kata penghubung. 2). Tingkat pemahaman mahasiswa terhadap materi tuton dapat dilihat dari semakin banyaknya konsep-konsep yang dapat diidentifikasi oleh mahasiswa dari materi yang dipelajarinya untuk dijadikan proposisi.3). Mahasiswa yang memahami materi yang dipelajari akan menghasilkan peta konsep dengan banyak proposisi, hirarki, ada kaitan silang, dan memberikan banyak contoh. Sebaliknya, mahasiswa yang kurang memahami materi yang dipelajari akan menghasilkan peta konsep dengan sedikit hirarki, tidak ada kaitan silan dan memberikan sedikit contoh bahkan tidak ada contoh. 4). Peta konsep dapat digunakan sebagai tugas tutorial online dalam menumbuhkan belajar bermakna bagi mahasiswa.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information (ID): | 2012_228 |
Uncontrolled Keywords: | Tutorial Online, Peta Konsep, Belajar Bermakna |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 10 Nov 2016 05:46 |
Last Modified: | 10 Nov 2016 05:46 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6196 |
Actions (login required)
View Item |