Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik dan Administrasi terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Semester IV Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang)

Kurniawan, Muhammad (2012) Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik dan Administrasi terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Semester IV Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40783.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kualitas pelayanan yang diberikan UMRAH bagi mahasiswa (1) mengukur tingkat kepuasan mahasiswa sebagai pengguna jasa UMRAH, (2) menganalisis pengaruh kualitas pelayanan akademik dan administrasi terhadap kepuasan mahasiswa di -UMRAH, dan (3) mengidentifikasi faktor·faktor dominan mempengaruhi kepuasan mahasiswa. Kualitas pelayanan akademik dan administrasi disorot melalui 5 (lima) dimensi berikut, yaitu bukti fisik (tangible), kehandalan (realibility), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy). Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Sejumlah 250 mahasiswa ditarik secara acak diantara 624 populasi mahasiswa UMRAH Semester IV. Penarikan sampel dilakukan secara proporsional berdasarkan rumus Issac dan Michael. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis regresi berganda dengan uji F, uji 1, dan uji detenninasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden menyatakan dimensi kualitas pelayanan yang termasuk kategori baik adalah jaminan, . ketanggapan, dan empati, sedangkan dimensi kualitas pelayanan yang memiliki kategori sedang adalah bukti fisik dan kehandalan. Mayoritas mahasiswa cukup puas dengan kualitas pelayanan yang diberikan UMRAH. Nilai pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan mabasiswa adalah 93,5%. Kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti fisik, kehandalan, jaminan, ketanggapan, dan empati secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Sedangkan jaminan, ketanggapan, dan empati secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Jaminan memberlkan pengaruh yang paling dominan terbadap kepuasan mahasiswa. Disarankan agar pihak UMRAH meningkatkan kualitas pelayanan akademik dan administrasi melalui pengajaran yang variatif, perbaikan sistim pelayanan administrasi, peningkatan kualitas SDM staf pengajar, perbaikan saranan dan prasaranan akademik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40783.pdf
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan mahasiswa, UMRAH (Universitas Maritim Raja AliHaji.
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351.072 Research, Related Topics (Metode Riset Penelitian Administrasi Negara, Statistik Administrasi Negara)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.812 Customer Satisfaction/TQM/Quality Of Service (Kepuasan Pelanggan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 18 Nov 2016 08:22
Last Modified: 18 Nov 2016 08:22
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6231

Actions (login required)

View Item View Item