Hubungan Antara Inteligensi dan Pengetahuan Manajemen dengan Keberhasilan Pengelolaan Sekolah Sebuah Studi di SMP Negeri Propinsi Sumatera Barat (1985)

Nasrun, (1987) Hubungan Antara Inteligensi dan Pengetahuan Manajemen dengan Keberhasilan Pengelolaan Sekolah Sebuah Studi di SMP Negeri Propinsi Sumatera Barat (1985). Doctoral thesis, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jakarta.

[img]
Preview
Text
40053.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Sumatera Barat yang membahas beberapa aspek yang berkaitan dengan kegiatan kepala-kepala sekolah. Tiga aspek yang dijadikan variabel penelitian adalah inteligensi, pengetahuan manajemen (keduanya merupakan variabel bebas) dan keberhasilan pengelolaan sekolah (merupakan variabel terikat). Inteligensi dan pengetahuan manajemen diperkirakan sebagai dua aspek yang memegang peranan untuk mencapai keberhasilan dalam pengelolaan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk hubungan dan kontribusi dari variabel bebas terhadap variabel terikat. Populasi penelitian adalah kepala-kepala SMP Negeri se-Sumatera Barat. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik "Stratified proportional random sampling11 • Strata yang digunakan meliputi tingkat pendidikan, kepangkatan dan jumlah masa kerja. Alat ukur pengumpul data yang digunakan adalah tes dan kuesioner. Kuesioner menggunakan skala Likert yang terdiri dari lima skala yaitu dari skala satu sampai lima atau dari lima kesatu. Ripotesis yang dikemukakan dalam peneli ian ini adalah: (1) terdapat hubungan antara inteligensi kepala sekolah dengan keberhasilan pengelolaan sekolah, (2) ter dapat hubungan antara pengetahuan manajemen kepala sekolah dengan keberhasilan pengelolaan sekolah, (3) terdapat hubungan antara inteligensi bersama-sama pengetahvan ::nanajemen d.engan keberhasilan kepala sekolat dalam pengelolaan sekolah, (4) jika pengetahuan manajemen diusahakan tidak berpengaruh terhadap inteligensi kepala sekolah (dikontrol) diduga terdapat hubungan antara inteligensi dengan keberhasilan pengelolaan sekolah dan (5) bila inteligensi dikontrol diduga pengetahuan manajemen kepala sekolah mempunyai hubungan dengan keberhasilan pengelolaan sekolah. Data penelitian dianalisis dengan statistik Product Momment, Ujian dan regresi ganda. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan balnva kedua variabel bebas baik secara sendiri maupun secara bersama-sama mempunyai hubungan yang berarti terhadap keberhasilan pengelolaan sekolah. Hubungan antara inteligensi dengan keberhasilan pengelolaan sekolah adalah sebesar 0,37 sedangkan pengetahuan manajemen dengan keberhasilan pengelolaan sekolah sebesar 0,46 selanjutnya inteligensi bersama-sama pengetahuan manajemen mempunyai hubungan terhadap keberhasilan pengelolaan sekolah adalah 0,53. Apabila variabel pengetahuan manajemen dikontrol diperoleh besarnya hubungan antara inteligensi dengan keberhasilan pengelolaan sekolah sebesar 0,28 selanjutnya dengan mengontrol variabel inteligensi maka di peroleh besarnya hubungan antara pengetahuan manajemen dengan keberhasilan pengelolaan sekolah sebesar 0,43. Di samping itu inteligensi memberikan kontribusi terhadap keberhasilan pengelolaan sekolah lebih kurang 13'76, sedangka pengetahuan manajemen terhadap keberhasilan pengelolaan sekolah sebesar 21% dan selanjutnya inteligensi bersama-sama pengetahuan manajemen memberikan kontribusi terhadap pengelolaan sekolah sebesar 28%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa tingkat inteligensi dan pengetahuan manajemen kepala sekolah ikut menentukan keberhasilannya dalam pengelolaan sekolah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information (ID): 40053.pdf
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 373.236 Lower Level Secondary School (Sekolah Menengah Pertama, SMP)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.07 Education, Research of Management (Pendidikan dan Riset Penelitian Manajemen)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Disertasi
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 23 Jan 2017 07:14
Last Modified: 27 Feb 2019 06:57
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6329

Actions (login required)

View Item View Item