Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Logis Terhadap Hasil Belajar Sosiologi: Sebuah Eksperimen di SMU Negeri 2 Binjai

Damanik, Hernawaty (2003) Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Logis Terhadap Hasil Belajar Sosiologi: Sebuah Eksperimen di SMU Negeri 2 Binjai. Masters thesis, Universitas Negeri Medan.

[img]
Preview
Text
40111.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pengaruh model pembelajaran dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar sosiologi. Tingkatan kemampuan berpikir logis dibagi menjadi dua, yaitu kemampuan berpikir logis tinggi dan kemampuan berpikir logis rendah. Penelitian ini dilaksanakan di SMU Negeri 2 Binjai . Metode yang digunakan adalah eksperimental-semu dengan rancangan faktorial 2 x 2. Prosedur perlakuan terdiri dari rangkaian kegiatan, yaitu : melakukan tes berpikir logis, melaksanakan tes awal, rnelaksanakan perlakuan, dan melakukan tes akhir. Populasi penelitian adalah siswa kelas II SMU Negeri 2 Binjai Tahun Ajaran 2002/2003, keseluruhannya berjumlah 320 orang. Sampel penelitian 2 kelas diambil dengan cluster random sampling. Subjek penelitian diambil 28 orang dari masing-masing kelas berdasarkan hasil tes berpikir logis. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes, yang terdiri dari tes Longeot untuk mengukur kemampuan berpikir logis (ru = 0, 81), dan tes hasil belajar sosiologi (ru = 0, 85). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varians dua jalan (ANAVA 2 X 2) dengan taraf signifikansi 0, 05. Hasil analisis data menunjukkan : (1) secara keseluruhan hasil bel ajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Social Science Inquiry lebih tinggi dari kelompok siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) siswa yang mempunyai kemampuan berpikir logis tinggi memperoleh hasil belajar sosiologi yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiJunyai kemampuan berpikir logis rendah, (3) terdapat interaksi antara model pembclajaran dengan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar sosiologi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40111.pdf
Uncontrolled Keywords: sekolah menengah atas,metode pembelajaran
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 373.238 Upper Level Secondary School (Sekolah Menengah Atas, SMA)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Tesis - Karya Dosen UT
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 02 Feb 2017 03:55
Last Modified: 02 Feb 2017 03:55
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6354

Actions (login required)

View Item View Item