Herwanto, Heri (2015) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas Simeulue Timur. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
42429.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap dan penganalisis pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Simeuleu Timur. Masalah dalam penelitian ini "apakah ada pengaruh pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Simeuleu Timur?. Sedangkan hipotesis yang diaju.kan terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Simeuleu Timur. Teori kualitas pelayanan yang diujicobakan adalah teori Me Kevit David (2006:53) menetapkan lima dimensi yaitu tangibles (keberwujudan), reliability (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), empathy (empati). Sedangkan toeri kepuasan menggunakan juru.kan teori Kotler, et al., (2009:551) mengidentifikasi 4 metode untuk mengu.kur kepuasan pelanggan, yaitu (1). Sistem keluhan dan Saran, (2).Ghost Shopping/ simulasi pelayanan (3). Lost Customer Analysis/ penyempurnaan pelayanan (4). Survai Kepuasan Pelanggan. Untu.k menguji hipotesis itu, metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan mengambil sampel. Kemudian, data ditabulasi dan dianalisis menggunakan analisis jalur dengan alat bantu komputasi SPSS versi 18.0 for Windows. Hasil penelitian menunju.kkan dari kelima dimensi kualitas pelayanan terdapat satu dimensi reliability (kehandalan) tidak berpengaruh terhadap kepuasan pasien Puskesmas Simeuleu Timur, sedangkan dimensi lainnya berpengaruh. Tetapi jika dilakukan pengujian secara bersama-sama terdapat pengaruh kualitas pelayanan sebesar 99.48% terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Simeulue Timur. Tingginya pengaruh kelima dimensi itu menunjukkan inti dari pelayanan publik yang berkualitas
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 42429.pdf |
Uncontrolled Keywords: | kualitas pelayanan dan kepuasan pasien, quality of care and patient satisfaction. |
Subjects: | 300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362.1068 Medical Service Management (Manajemen Layanan Kesehatan) 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.812 Customer Satisfaction/TQM/Quality Of Service (Kepuasan Pelanggan) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 13 Feb 2017 09:01 |
Last Modified: | 20 Feb 2017 03:40 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6421 |
Actions (login required)
View Item |