Perbandingan Pemahaman Konsep Matematis Siswa antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan Model Kooperatif Tipe Teams Asissted Individualizations (TAI)

Laili, Nuryani (2015) Perbandingan Pemahaman Konsep Matematis Siswa antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan Model Kooperatif Tipe Teams Asissted Individualizations (TAI). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42451.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah "Apakah terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis siswa antara pembelajaran matematika yang menggunakan model STAD dengan pembelajaran matematika yang menggunakan model TAI". Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep matematis siswa antara pembelajaran matematika yang menggunakan model STAD dengan pembeJajaran matematika yang menggunakan model TAI. Metode penelitian. yang akan ciilakukan edalah komparatif. Pene1itian komparatif adalah sejenis ┬Ěpenelitian yang menemukan persamaan-persamaan dan pcrbedaan-perbedaan tentang benda-benda, kelompok, orang terhadap ide atau prosedur kerja. Fokus dalam penelitian ini adalah siswa SMA Nereri 1 Penawartama kbususnya kelas X.l dan X.2. Pengambilan sampel dalam penelitian ini diambil sccara teknik cluster random sampling. Penelitian untuk kelas X.l mendapat model pembelajaran STAD dan kelas X.2 mendapat model pembelajaran TAI. Berdasarkan hasil analisis temyata pemahaman konsep yang diperoleh untuk siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD lebih tinggi dengan nilai rata-rata S3,7 dari pada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran TAl dengan nilai rata-rata 75,9. Kesimpulan dari peneiitian ini adalah terdapat perbedaan pernahaman konscp siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran tipe STAD pemahaman konsep siswa yang diajar dengan model pembelajaran tipe TAI pada pokok bahasan trigonometri siswa kelas X SMA Negeri 1 Penawartama Tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42451.pdf
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep Matematis, metode pembelajaran,Student Teams Achievement Divisions (STAD), Teams Asissteding ividualizations (TAI),Understanding of Mathematical Concepts
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 14 Feb 2017 04:14
Last Modified: 30 Jan 2019 02:36
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6424

Actions (login required)

View Item View Item