Safe, Hironimus (2016) Pengaruh Sertifikasi dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Di Kabupaten Timor Tengah Utara. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
42426.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
Sertifikasi dan motivasi dapat mempengaruhi peningkatan kinerja guru. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui ada tidaknya pengaruh sertifikasi terhadap kinerja guru, 2) mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi terhadap kinerja guru, 3) mengetahui ada tidaknya pengaruh sertifikasi dan motivasi terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Timor Tengah Utara. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif Sampel dalam penelitian ini berjumlah 75 orang dapat ditentukan dengan tingkat kesalahan 5%. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Teknis analisis data yang digunakan adalah korelasi pearson product moment,detenninasi, dan regresi ganda. Hasil deskripsi menunjukkan : 1) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel sertifikasi (Xt) terhadap kinerja guru (Y), dengan nilai t hitung = 3.738 atau 37,38% lebih besar dibandingkan dengan t tabel alpha 0,05 (df-=60) sebesar 1 ,671. Hal ini memmjukkan bahwa variabel sertifikasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan variabel motivasi (X2) terhadap kineija guru (Y), dengan nilai uji F 4,607 atau 46,07% lebih besar dibandingkan dengan F alpha 0,05 (df=60) sebesar 1,671. Hal ini menunjukkan bahwa variabel motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap kineija guru. Hasil analisis regresi ganda variabel X1 dan X2 terhadap Y dapat diketahui nilai R Square sebesar 0,239. Hal ini berarti bahwa variabel sertifikasi dan motivasi berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 0,239 dengan hasil uji F sebesar 11,324 lebih besar dari distribusi F alpha 0,05 = 4,00 atau Sig 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa sertifikasi dan motivasi berpengaruh yang posetif dan signifikan terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Timor Tengah Utara sebesar 23,90% dan sisanya 76,10% ditentukan oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 42426.pdf |
Uncontrolled Keywords: | sertifikasi, motivasi dan kinerja guru, certification, motivation and performance of teachers |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru) 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.07 Education, Research of Management (Pendidikan dan Riset Penelitian Manajemen) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 14 Feb 2017 07:08 |
Last Modified: | 17 Feb 2017 04:15 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6428 |
Actions (login required)
View Item |