Pengaruh Pendekatan Open-Ended Problem Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Lingkaran Siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Dringu

Purwati, Luluk (2016) Pengaruh Pendekatan Open-Ended Problem Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Lingkaran Siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Dringu. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42390.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Mutu pendidikan dipengaruhi oleh beberapa hal terutama ketersediaan fasilitas belajar,pemanfaatan waktu, dan penggunaan metode belajar. Pada pelaksanaan pembelajaran di kelas guru harus mampu memilih metode pembelajaran yang tepat karena cara guru dalam menyampaikan materi pelajaran sangat mempengaruhi kelancaran proses pembelajaran dan minat siswa terhadap materi pelajaran yang pada akhimya akan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Pendekatan Open-Ended menjanjikan kesempatan kepada siswa untuk meginvestigasi berbagai strategi dan cara yang diyakininya sesuai dengan kemampuan mengelaborasi permasalahan. Pokok pikiran pembelajaran dengan pendekatan Open-Ended problem, yaitu pembelajaran yang membangun kegiatan interaktif antara matematika dan siswa sehingga mengundang siswa untuk menjawab permasalahan melalui berbagai strategi. Dalam pembelajaran dengan pendekatan Open-Ended problem, siswa diharapkan bukan hanya mendapatkan jawaban tetapi lebih menekankan pada proses pencarian suatujawaban. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahu adakah pengaruh pendekatan open -ended problem terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar. Populasi penelitian kelas siswa XI SMAN 1 Dringu, sedangkan Sampelnya adalah kelas XI MIPAl dan XI MIPA2. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Dengan pendekatan Open- ended problem Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh peneliti adalah ada pengaruh positif pendekatan open-ended terhadap hasil belajar siswa ditinjau dari motivasi belajar. Sejalan dengan hal tersebut, peneliti memperoleh hasil rata-rata kelas eksperimen naik, yakni dari 71, 04 menjadi 74,29. Kesimpulan dari penelitian adalah pendekatan open-ended problem memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa ditinjau dari motivasi belajar siswa baik yang bermotivas tinggi, bermotivasi sedang maupun rendah

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42390.pdf
Uncontrolled Keywords: Open ended problem, motivation and learning outcomes,motivasi dan hasil belajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 373.238 Upper Level Secondary School (Sekolah Menengah Atas, SMA)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 15 Mar 2017 03:37
Last Modified: 15 Mar 2017 03:52
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6451

Actions (login required)

View Item View Item