Dalyono, Bambang (2016) Strategi Pembelajaran Inovatif Untuk Mencapai Kompetensi Pembelajaran. In: Temu Ilmiah Nasional Guru VIII Tahun 2016: Tantangan Profesionalisme Guru di Era Digital, 26 November 2016, Balai Sidang Universias Terbuka (UTCC).
|
Text
TING2016ST1-01.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
Salah satu kemampuan profesional yang harus dimiliki oleh pendidik adalah strategi pembelajaran. Tugas utama guru adalah mengajar yang berarti membelajarkan siswa untuk mencapai kompetensi. Kompetensi tersebut telah dirumuskan dalam kurikulum yang berfungsi sebagai pedoman pelaksanaan proses pembelajaran. Persoalannya adalah dapatkah strategi pembelajaran inovatif untuk kompetensi pembelajaran? Dalam proses pembelajaran guru menggunakan berbagai strategi dan media semata-mata supaya siswa belajar. Kemampuan mengelola pembelajaran, guru harus memiliki pemahaman terhadap konsepsi belajar dan mengajar. Supaya siswa belajar efektif perlu diperhatikan prinsip berikut: motivasi, perhatian, aktivitas, balikan, dan perbedaan individual. Sedangkan mengajar adalah kemampuan mengkondisikan situasi yang dapat dijadikan proses belajar. Strategi pembelajaran adalah kegiatan untuk mengupayakan serta memanfaatkan segala sumber belajar yang dimiliki dalam pembelajaran untuk mencapai kompetensi. Strategi pembelajaran sangat berguna, baik bagi guru maupun siswa. Bagi guru, strategi dapat dijadikan pedoman dan acuan bertindak yang sistematis dalam pembelajaran, sedangkan bagi siswa, dapat mempermudah proses belajar. Strategi pembelajaran adalah cara yang akan digunakan oleh pengajar untuk memilih kegiatan belajar yang akan digunakan dalam proses pembelajaran. Penggunaan strategi pembelajaran inovatif dalam kegiatan pembelajaran sangat perlu, karena untuk mempermudah proses pembelajaran. Strategi pembelajaran inovatif kooperative dan berbasis komputer (computer based instruction) menjadi perhatian dunia pendidikan. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa, strategi pembelajaran inovatif dapat mempermudah untuk mencapai kompetensi pembelajaran, karena mampu menarik dan membangkitkan motivasi siswa dalam pembelajaran.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Additional Information (ID): | TING2016ST1-01.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran, Inovatif, Kooperative, Computer Based- Instruction. |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar) |
Divisions: | Prosiding Seminar UT > Temu Ilmiah Nasional Guru VIII |
Depositing User: | rudi sd |
Date Deposited: | 20 Mar 2017 03:00 |
Last Modified: | 20 Mar 2017 03:07 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6471 |
Actions (login required)
View Item |