Winarni, Ida (2016) Peningkatan Efektivitas Pembelajaran dan Aktivitas Peserta Didik Melalui Kegiatan Bermain Peran Jual Beli Pada Materi Sistem Tubuh Manusia di Kelas XI IPA 8 SMAN 2 Tangerang Selatan. In: Temu Ilmiah Nasional Guru VIII Tahun 2016: Tantangan Profesionalisme Guru di Era Digital, 26 November 2016, Balai Sidang Universias Terbuka (UTCC).
|
Text
TING2016ST1-08.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
Artikel ini merupakan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) tentang peningkatan efektifitas pembelajaran dan aktifitas peserta didik pada materi sistem tubuh manusia yang cukup komplek dan memiliki cakupan luas. Pembelajaran tentang sistem tubuh manusia tahun lalu dilaksanakan dengan menerapkan metode diskusi kelompok, namun hasilnya kurang efektif karena peserta didik kesulitan memahami materi. Kegiatan bermain peran jual beli yang coba diterapkan bertujuan untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran dan aktifitas peserta didik sehingga materi yang komplek bisa dipahami dalam waktu yang cukup singkat dan juga melibatkan aktifitas yang menyeluruh dari peserta didik. Efektifitas pembelajaran yang diharapkan tercapai adalah setiap peserta didik memahami konsep materi yang komplek. Aktifitas peserta didik yang diharapkan tercapai meliputi keaktifan bertanya, menjawab, mencari jawaban, mencari referensi, menyiapkan presentasi dan presentasi. Bermain peran jual beli adalah modifikasi dari metode pembelajaran bermain peran dengan cara peserta didik dibagi ke dalam kelompok dan setiap kelompok mendapat tugas untuk menggali dan memahami konsep-konsep dalam satu sub pokok bahasan. setiap kelompok membagi tugas anggotanya menjadi kelompok penjual dan kelompok pembeli. Kelompok penjual berada di tempat kelompoknya melakukan presentasi untuk melayani pembeli. Kelompok pembeli akan berkunjung ke kelompok penjual lainnya. Peran penjual menjelaskan sedangkan peran pembeli bertanya. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrument observasi yang dilakukan oleh teman sejawat. Dari hasil pengamatan diperoleh keaktifan bertanya jawab, berdiskusi dan mencari referensi sebanyak 70%. Efektifitas pembelajaran belum tampak berhasil ditingkatkan. Ini akan menjadi bahan perbaikan di siklus pembelajaran selanjutnya.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Additional Information (ID): | TING2016ST1-08.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Penelitian Tindakan Kelas, Pembelajaran Bermain Peran, Efektivitas Pembelajaran, Aktivitas Peserta Didik |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) |
Divisions: | Prosiding Seminar UT > Temu Ilmiah Nasional Guru VIII |
Depositing User: | rudi sd |
Date Deposited: | 20 Mar 2017 04:08 |
Last Modified: | 20 Mar 2017 04:08 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6479 |
Actions (login required)
View Item |