Penerapan Model Konstruktivisme untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Usaha dan Energi

Ma'arij, Muh. Fatkhul (2016) Penerapan Model Konstruktivisme untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Usaha dan Energi. In: Temu Ilmiah Nasional Guru VIII Tahun 2016: Tantangan Profesionalisme Guru di Era Digital, 26 November 2016, Balai Sidang Universias Terbuka (UTCC).

[img]
Preview
Text
TING2016ST1-11.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Faktor yang menyebabkan terjadinya pembelajaran konvensional adalah belum terbiasanya guru melakukan banyak pendekatan, model, metode, strategi, menguasai media pembelajaran atau berimprovisasi terhadap kurangnya alat dan bahan yang dibutuhkan dalam pembelajaran,sehingga guru mengajar dengan apa adanya. tuntutan sertifikasi guru hanya mengajar minimal 24 jam pelajaran seminggu, tanpa menakar lebih rinci apa yang dilakukan guru selama 24 jam pelajaran tersebut, menjadi pemicu guru malas melakukan improvisasi, mengunakan model-model pembelajaran yang membuat peserta didik aktif belajar, salah satu pendekatan konstruktivisme dengan rumusan masalah“ Penerapan Model Konstruktivisme untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Usaha dan Energi “ Dengan hasil penerapan model pembelajaran konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik dalam proses belajar mengajar, dan dari hasil pantauan guru yang telah memposisikan menjadi fasilitator, di kelas yang belajar menggunakan model belajar konstruktivisme memperlihatkan bahwa peserta didik sangat antusias dalam bekerjasama dengankelompoknya dan dengan teman antar kelompok serta dapat membantu teman yang mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran fisika.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): TING2016ST1-11.pdf
Uncontrolled Keywords: Fisika, Usaha dan Energi, Konstruktivisme, Konvensional
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Prosiding Seminar UT > Temu Ilmiah Nasional Guru VIII
Depositing User: rudi sd
Date Deposited: 20 Mar 2017 05:30
Last Modified: 31 Jan 2019 07:22
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6482

Actions (login required)

View Item View Item