Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Melalui Metode Praktikum Pada Materi Metabolisme di SMAN 3 Tangerang Selatan

Chairani, Shanty (2016) Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Melalui Metode Praktikum Pada Materi Metabolisme di SMAN 3 Tangerang Selatan. In: Temu Ilmiah Nasional Guru VIII Tahun 2016: Tantangan Profesionalisme Guru di Era Digital, 26 November 2016, Balai Sidang Universias Terbuka (UTCC).

[img]
Preview
Text
TING2016ST1-16.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Makalah ini merupakan hasil Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SMAN 3 Tangerang Selatan pada kelas XII MIPA 3 Program Bakat Istimewa olahraga dan seni dengan jumlah peserta didik sebanyak 35 orang Tahun Pelajaran 2016-2017 semester 1. Peserta didik pada kelas ini memiliki jadwal kegiatan pelatihan olahraga dan seni yang padat. Kebiasaan aktivitas fisik di luar kelas dapat diterapkan pula dalam pembelajaran di kelas melalui metode praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik dengan pembelajaran praktikum berbantuan bahan yang mudah diperoleh dan disiapkan oleh peserta didik untuk materi metabolisme. Penelitian Tindakan Kelas yang dipilih terdiri dari 2 siklus. Langkah pembelajaran mencakup kegiatan pembelajaran melibatkan peserta didik menyiapkan alat dan bahan sendiri dan menfasilitasi untuk merangkai alat sederhana. Hasil yang diperoleh pada siklus I menunjukkan bahwa 74% dari peserta didik terlibat aktif dalam pembelajaran. Aktivitas peserta didik dalam pembelajaran dinilai berdasarkan pengamatan dalam kelompok kerja pada saat melakukan eksperimen fermentasi alkohol. Pada siklus 2 peserta didik dilibatkan dalam mempersiapkan alat dan bahan praktikum fotosintesis yang mudah diperoleh dan memfasilitasi merangkai alat sederhana. Hasil yang diperoleh pada siklus II menunjukkan peserta didik yang aktif dalam pembelajaran sebanyak 82%. Hasil ini menunjukkan kenaikan aktivitas peserta didik sebanyak 8% dibandingkan siklus 1. Sedangkan minat belajar peserta didik juga meningkat sebanyak 5%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): TING2016ST1-16.pdf
Uncontrolled Keywords: Penelitian Tindakan Kelas, Praktikum, Alat dan Bahan Yang Mudah Diperoleh, Minat
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Prosiding Seminar UT > Temu Ilmiah Nasional Guru VIII
Depositing User: rudi sd
Date Deposited: 20 Mar 2017 07:00
Last Modified: 19 Sep 2018 03:18
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6488

Actions (login required)

View Item View Item