Penerapan Strategi Active Learning sebagai Upaya Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa pada Mata Pelajaran Biologi di Kelas X SMAN 7 Kota Tangerang Selatan (Penelitian Tindakan Kelas di SMAN 7 Kota Tangerang Selatan)

Nuraisyah, Siti (2016) Penerapan Strategi Active Learning sebagai Upaya Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa pada Mata Pelajaran Biologi di Kelas X SMAN 7 Kota Tangerang Selatan (Penelitian Tindakan Kelas di SMAN 7 Kota Tangerang Selatan). In: Temu Ilmiah Nasional Guru VIII Tahun 2016: Tantangan Profesionalisme Guru di Era Digital, 26 November 2016, Balai Sidang Universias Terbuka (UTCC).

[img]
Preview
Text
TING2016ST1-17.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di SMAN 7 Kota Tangerang Selatan ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran biologi guna meningkatkan partisipasi aktif siswa, dengan menggunakan Strategi Active Learning. Strategi Active Learning yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah metode diskusi, debat, presentasi dan poster. Pemilihan kedua model pembelajaran tersebut disesuaikan dengan kebutuhan di kelas dan kondisi yang ada di kelas saat ini. Penelitian ini dilaksanakan di semester satu tahun pelajaran 2016/2017 yakni pada Agustus-September 2016 yang bertepatan dengan materi virus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skenario pembelajaran (RPP), soal post test dan format observasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan secara kolaborasi dengan rekan guru sejawat, agar observasi yang dilakukan lebih optimal. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, siklus pertama menggunakan metode diskusi dan debat 2 kelompok besar dengan menggunakan kalimat kontroversi, sedangkan siklus kedua menggunakan metode presentasi menggunakan poster dan model virus 3 dimensi dengan materi ciri-ciri virus, replikasi virus dan peranan virus. Hasil dari tindakan di siklus pertama adalah sebanyak 23 siswa (55 %) mampu berpartisipasi aktif melalui kegiatan diskusi dan debat sedangkan di siklus kedua meningkat menjadi 75% melalui presentasi menggunakan poster dan model virus 3 dimensi. Melalui pembelajaran strategi Active Learning siswa mampu berpartisipasi aktif serta memiliki pengalaman keaktifan siswa yang meningkat. Kata Kunci:

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): TING2017ST1-17.pdf
Uncontrolled Keywords: Active Learning, Debat, Presentasi, Poster
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Prosiding Seminar UT > Temu Ilmiah Nasional Guru VIII
Depositing User: rudi sd
Date Deposited: 20 Mar 2017 07:06
Last Modified: 28 Feb 2019 09:31
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6490

Actions (login required)

View Item View Item