Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Metode Diskusi dengan Menggunakan Media Diagram di SMA Negeri 5 Kota Tangerang Selatan

Indrayani, Susi (2016) Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Metode Diskusi dengan Menggunakan Media Diagram di SMA Negeri 5 Kota Tangerang Selatan. In: Temu Ilmiah Nasional Guru VIII Tahun 2016: Tantangan Profesionalisme Guru di Era Digital, 26 November 2016, Balai Sidang Universias Terbuka (UTCC).

[img]
Preview
Text
TING2016ST1-21.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Makalah ini merupakan hasil Penilaian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMA Negeri 5 Kota Tangerang Selatan pada kelas XI IPA 1 yang berjumlah 39 siswa pada tahun pelajaran 2016/2017 semester 1. Latar belakang siswa yang terdapat di kelas ini pada saat jam belajar biologi di siang hari setelah pergantian jam pelajaran sehingga siswa kurang fokus jika pembelajarannya satu arah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui metode presentasi dan diskusi dengan menggunakan media diagram. PTK dilaksanakan dalam 2 siklus. Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan pada siklus I menggunakan strategi menampilkan diagram yang di gambar di papan tulis dan pada siklus II menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS). Hasil yang diperoleh pada siklus I menunjukkan bahwa keaktivan belajar siswa untuk mengerjakan di papan tulis cukup tinggi 68,6% walaupun jawabannya yang diberikan kurang tepat. Pada siklus II memperbaiki langkah pembelajaran dengan cara diagram gambar diberikan pada Lembar Kerja Siswa melalui kelompok kerja dan diperoleh rata-rata keaktivan siswa yang terlihat pada saat saling membantu dan menyelesaikan masalah adalah 67,3%. Berdasarkan observasi keaktivan siswa pada siklus I sangat menonjol dalam mencari literatur (100%) dan menulis di papan tulis (84%), sedangkan pada siklus II pada kerjasama dalam kelompok (100%) dan saling membantu menyelesaikan masalah (100%). Namun masih terdapat kekurangaktivan siswa pada siklus I yaitu kooperatif berdiskusi dengan temannya (15%) dan bertanya pada guru (7,5%) dan pada siklus II yaitu memberi kesempatan berpendapat kepada teman dalam kelompok (38%) dan membuat perencanaan dan pembagian kerja yang matang (30%).

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): TING2016ST1-21.pdf
Uncontrolled Keywords: Penelitian Tindakan Kelas, Presentasi dan Diskusi, Media Diagram, LKS
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Prosiding Seminar UT > Temu Ilmiah Nasional Guru VIII
Depositing User: rudi sd
Date Deposited: 20 Mar 2017 07:36
Last Modified: 08 Oct 2018 03:30
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6494

Actions (login required)

View Item View Item