Penggunaan Sistem Pendukung Keputusan Kelompok dalam Penyelesaian Masalah Belajar

Murdoyoko, (2016) Penggunaan Sistem Pendukung Keputusan Kelompok dalam Penyelesaian Masalah Belajar. In: Temu Ilmiah Nasional Guru VIII Tahun 2016: Tantangan Profesionalisme Guru di Era Digital, 26 November 2016, Balai Sidang Universias Terbuka (UTCC).

[img]
Preview
Text
TING2016ST4-03.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kimia merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagaian besar peserta didik karena memuat materi yang bersifat hafalan dan juga hitungan. Disamping itu sifat pelajaran kimia yang deduktif menjadikan hubungan antar konsep yang sangat erat dalam membentuk konsep yang lebih besar. Kesulitan ini menjadikan peserta didik akan bermasalah dalam pelajaran ini. Hal yang sering dijumpai di dalam kelas adalah kurangnya kemampuan peserta didik untuk bertanya secara verbal kepada pendidik maupun ke sesama peserta didik. Sistem Pendukukung Keputusan Kelompok (SPKK) adalah suatu pola pemecahan masalah berbasis online. Keberadaan smartphone yang sudah tidak asing lagi bagi peserta didik dengan berbagai media sosial yang digunakan dapat digunakan sebagai media untuk SPKK ini. Peserta didik disusun menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok akan mendiskusikan tugasnya masing. Dengan perjanjian waktu maka seluruh kelompok akan bertemu dalam kelompok besar dalam suatu media sosial dengan moderator pendidik yang bersangkutan. Setiap kelompok memaparkan hasil diskusinya secara online dan ditanggapi oleh peserta lainnya, kemudian pendidik menyelarskannya baik secara online maupun offline di kelas. Dari pelaksanaan SPKK di kelas 11 IPA SMA Negeri 28 kabupaten Tangerang diperoleh beberapa hal positif yaitu kemampuan peserta didik untuk bertanya, kemampuan untuk mengadakan peer teaching. Hasil ini menyebabkan pendidik lebih mudah dalam mengajarkan materi secara offline di kelas sehingga hasil belajarnyapun meningkat. Selain itu juga mengarahkan peserta didik untuk menggunakan internet secara positif.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): TING2016ST4-03.pdf
Uncontrolled Keywords: Masalah Belajar, SPKK, Online
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Prosiding Seminar UT > Temu Ilmiah Nasional Guru VIII
Depositing User: rudi sd
Date Deposited: 21 Mar 2017 02:46
Last Modified: 25 Feb 2019 02:49
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6509

Actions (login required)

View Item View Item