Pamungkas, Aan Subhan (2016) Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Microsoft Mathematics Pada Pokok Bahasan Turunan. In: Temu Ilmiah Nasional Guru VIII Tahun 2016: Tantangan Profesionalisme Guru di Era Digital, 26 November 2016, Balai Sidang Universias Terbuka (UTCC).
|
Text
TING2016ST2-02.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
Proses pembelajaran yang ideal adalah proses pembelajaran yang menciptakan komunikasi multi arah antara guru, siswa dan sumber belajar. Komunikasi antara ketiga komponen tersebut akan mendorong terjadinya proses pembelajaran yang active learning yang didukung oleh sumber belajar yang sesuai dengan kemampuan siswa. Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi saat ini menuntut guru untuk mengintegrasikan pembelajaran dengan TIK. Salah satu yang bisa diintegrasikan adalah penggunaan sumber belajar yang berbantuan software. Salah satu sumber belajar dikembangkan dalam penelitian ini adalah sumber belajar berupa lembar kerja siswa yang mendorong siswa dalam proses penemuan suatu konsep secara terbimbing. Dalam proses penemuannya siswa dibantu dengan penggunaan suatu software pembelajaran microsoft mathematics yang memiliki fitur “calculus” yang dapat dimanfaatkan dalam menjelaskan pokok bahasan turunan. Produk yang akan dikembangkan dalam penelitian ini adalah lembar kerja siswa berbasis penemuan terbimbing berbantuan software microsoft mathematics. Model pengembangan yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D yaitu meliputi: (1) Define, pengembang melakukan analisis masalah dan potensi; (2) Design, pengembang membuat produk awal (prototype) atau rancangan produk yang disesuaikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada; (3) Development, dibagi kedalam dua kegiatan yaitu: expert appraisal dan developmental testing; (4) Disseminate, pada tahap ini kegiatan yang dilakukan adalah validation testing. Adapun hasil dari uji coba ahli menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan termasuk kedalam kategori baik dan layak (80%) digunakan untuk sumber pendukung pembelajaran di SMA.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lembar Kerja Siswa, Penemuan Terbimbing, Microsoft Mathematics |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) |
Divisions: | Prosiding Seminar UT > Temu Ilmiah Nasional Guru VIII |
Depositing User: | rudi sd |
Date Deposited: | 21 Mar 2017 07:44 |
Last Modified: | 21 Mar 2017 07:44 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6516 |
Actions (login required)
View Item |