Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini dalam Menyongsong Hidup Berkualitas Berbasis Blanded Learning

Kurniasih, Eem and Masduki, Lusi Rachmiazasi and Agustina, Dwi Ampuni (2016) Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini dalam Menyongsong Hidup Berkualitas Berbasis Blanded Learning. In: Temu Ilmiah Nasional Guru VIII Tahun 2016: Tantangan Profesionalisme Guru di Era Digital, 26 November 2016, Balai Sidang Universias Terbuka (UTCC).

[img]
Preview
Text
TING2016ST2-08.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pengembangan kognitif pada anak usia dini sangat penting agar anak mampu melakukan eksplorasi terhadap dunia sekitar. Melalui pengetahuan, anak dapat melangsungkan hidupnya dan menjadi manusia yang utuh sebagai makhluk Tuhan untuk dapat berguna bagi dirinya dan orang lain. Proses kognisi meliputi berbagai aspek, seperti persepsi, ingatan, pikiran, simbol, penalaran dan pemecahan masalah. Melalui pengembangan kognitif, fungsi pikir dapat digunakan dengan cepat dan tepat dalam mengatasi suatu situasi untuk memecahkan suatu masalah. Dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang berlangsung pesat dewasa ini, pantaslah para ahli menyebut gejala ini sebagai suatu revolusi, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Hendaknya hal ini dijadikan dasar untuk meningkatkan pengembangan sumber daya manusia agar dapat bersaing dengan negara lain menuju masyarakat hidup berkuaitas. Pengaruh TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dalam dunia pendidikan semakin terasa sejalan dengan keadaan pergeseran pola pembelajaran dari tatap muka yang konvensional kearah pendidikan yang lebih terbuka dan menggunakan media. Pendidikan di masa mendatang diharapkan akan bersifat luwes (fleksibel), terbuka, dan dapat diakses oleh siapapun yang memerlukan tanpa pandang laki-laki atau perempuan, usia maupun pengalaman pendidikan sebelumnya. Tidak terkecuali anak usia dinipun sudah banyak dikenalkan dengan penggunaan teknologi informasi komputer. Anak-anak diperkenalkan dengan berbagai permainan yang dapat diakses melalui komputer. Jenis-jenis permainan tentunya dipilih yaitu permainan yang dapat mengedukasi kearah yang positif. Pendampingan pihak orang tua sangat dibutuhkan agar anak tetap dapat mengembangkan aspek kognitif yang berkualitas agar masa depan anak-anak bekualitas, sukses, dan sejahtera kehidupannya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): TING2016ST2-08.pdf
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kognitif, Hidup Berkualitas, Blanded Learning
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School (Pendidikan Pra Sekolah)
Divisions: Prosiding Seminar UT > Temu Ilmiah Nasional Guru VIII
Depositing User: rudi sd
Date Deposited: 22 Mar 2017 01:47
Last Modified: 01 Aug 2019 02:20
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6523

Actions (login required)

View Item View Item