Kajian Layanan Bantuan Belajar Mahasiswa untuk Mata Kuliah Manajemen Operasi (Ekma 4215)

Ismulyaty, Sri and Sunarsih, Nenah and Hidayah, Zainur (2007) Kajian Layanan Bantuan Belajar Mahasiswa untuk Mata Kuliah Manajemen Operasi (Ekma 4215). Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan.

[img]
Preview
Text
kajian layanan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kualitas proses pembelajaran melalui sistem pendidikan jarak jauh, wajib memperhatikan kualitas materi bahan ajar dan memerlukan dukungan berbagai media pembelajaran yang tepat dengan materi cetak yang tersedia. Pengembangan media pembelajaran yang tepat dimaksudkan untuk membantu mahasiswa dalam mempelajari materi bahan ajar. Media pembelajaran yang terintegrasi dengan bahan ajar utama diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi ajar yang selanjutnya tercermin dalam nilai mahasiswa dan tingkat kelulusan dan cukup tinggi dari suatu mata kuliah. Untuk meningkatkan kualitas bahan ajar Universitas Terbuka secara periodik melakukan revisi. Matakuliah Manajemen Operasi (EKMA4215) merupakan matakuliah pendukung dan merupakan salah satu materi ujian Tugas Akhir Program (TAP). Tingkat kelulusan mahasiswa untuk mata kuliah ini masih rendah, juga mahasiswa yang mengikuti tutorial. Kurangnya persiapan tutor dalam melakukan tutorial dapat menyebabkan ketidaklulusan mahasiswa, oleh karena itu rancangan tutorial kit sangat dibutuhkan. Dalam jangka pendek upaya perbaikan yang dilakukan UT yaitu berupa penyusunan tutorial kit yang berupa bahan ajar non cetak berupa CAl, power point yang ditujukan untuk alat bantu pembelajaran tatap muka, dan course guide dapat ·digunakan sebagai acuan mahasiswa dan tutor. Penelitian ini mengukur pengaruh kesiapan tutor TIM terhadap tingkat kelulusan mahasiswa pada mata kuliah Manajemen Operasi (EKMA4215), apakah ada perbedaan terhadap tingkat kelulusan mahasiswa sebelum dan setelah tutor menggunakan tutorial kit, ketepatan pemilihan bahan ajar non cetak untuk mata kuliah Manajemen Operasi (EKMA4215) dalam tutorial kit. Untuk menjawab masalah tersebut, metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada action research. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi. Sampel ditentukan secara purposive sampling, yaitu mahasiswa Program Studi Manajemen yang mengikuti tuton matakuliah Manajemen Operasi (EKMA4215) masa registrasi 2011.1 sampai dengan masa registrasi 20 11.2.Data penelitian akan dikumpulkan dengan memberikan tes soal Manajemen Operasi (EKMA4215) kepada mahasiswa yang menjadi responden. Metode pengembangan yang akan dicapai dari penelitian ini berupa tutorial kit mata kuliah Manajemen Operasi (EKMA4215) berupa pengembangan desain penyelenggaraan tutorial dengan metode tutorial berupa Kit, power point, dan Computer Assisted Instructional (CAl). Analisis dilakukan dengan memberikan uji pemahaman atau evaluasi melalui pemberian latihan test objektif bagi seluruh peserta tutorial (tuton). Perbandingan dilakukan antara peserta yang mengikuti tes (akses toolkits) dengan peserta tuton yang mengikuti tes namun tidak mengakses toolkit. Analisis dilakukan sebanyak tiga kali melihat test yaitu pada 2 kelas yang berbeda dan pada kelas gabungan. Dari uji t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan nilai test antara kelompok yang mengakses toolkit dan tidak. Perbedaan yang signifikan ini terjadi pada 3 kelas 1 dan 2 serta kelas gabungan. Hasil ini menunjukkan tutorial kits sangat bermanfaat bagi peserta uji coba dalam meningkatkan pemahaman mereka terhadap bahan ajar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): kajian layanan.pdf
Uncontrolled Keywords: pengembangan bahan ajar, tutorial kit, power point, Computer Assisted Instructional (CAI).
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 23 Mar 2017 03:57
Last Modified: 18 Oct 2018 07:42
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6535

Actions (login required)

View Item View Item