Pemanfaatan Media On-Line untuk Presentasi pada Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek (Project-Based Learning)

Irawati, Intan (2016) Pemanfaatan Media On-Line untuk Presentasi pada Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek (Project-Based Learning). In: Temu Ilmiah Nasional Guru VIII Tahun 2016: Tantangan Profesionalisme Guru di Era Digital, 26 November 2016, Balai Sidang Universias Terbuka (UTCC).

[img]
Preview
Text
TING2016ST2-15.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penulisan karya tulis ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran fisika pada materi Fluida yang menerapkan problem-based learning (PBL) dan mendekripsikan kelebihan dan kekurangan presentasi melalui media on-line pada pembelajaran fisika. Pembelajaran dilakukan di MAN 15 Jakarta terhadap kelas XI IPA-1 dan IPA-2 yang terdiri dari 56 siswa. Hasil penerapan pembelajaran fisika berbasis proyek dengan menggunakan media on-line sebagai sarana presentasi menunjukkan beberapa kelebihan yaitu mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan teknologi informasi seperti kamera dan internet, mampu meningkatkan karakter siswa seperti semangat dan motivasi belajar fisika, kreativitas, kemampuan bekerja sama, toleransi, berbagi, percaya diri dan disiplin serta tanggung jawab, mampu meningkatkan pemahaman konsep/prinsip dan aplikasi fisika siswa serta memunculkan kriteria-kriteria pembelajaran yang berhasil dengan adanya active participation, latihan (practice), perbedaan individual (individual differences), umpan balik (feedback), konteks nyata (realistic context) dan interaksi social (social interaction). Adapun kekurangan penerapan pembelajaran ini terkait dengan kendala teknis, ekonomis, serta kendala dalam memotivasi sebagian kecil siswa untuk menyelesaikan pembelajaran ini.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): TING2016ST2-15.pdf
Uncontrolled Keywords: Fisika, Media, Presentasi, Project Based Learning (PBL)
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Prosiding Seminar UT > Temu Ilmiah Nasional Guru VIII
Depositing User: rudi sd
Date Deposited: 23 Mar 2017 03:57
Last Modified: 12 Oct 2018 03:42
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6537

Actions (login required)

View Item View Item