Pemanfaatan Multimedia Untuk Mendukung Kualitas Pembelajaran

Surasmi, Wuwuh Asrining (2016) Pemanfaatan Multimedia Untuk Mendukung Kualitas Pembelajaran. In: Temu Ilmiah Nasional Guru VIII Tahun 2016: Tantangan Profesionalisme Guru di Era Digital, 26 November 2016, Balai Sidang Universias Terbuka (UTCC).

[img]
Preview
Text
TING2016ST2-32.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Makalah ini membahas tentang pemanfaatan atau penggunaan multimedia untuk mendukung sekaligus meningkatkan kualitas pembelajaran secara umum. Penulisan makalah ini bertujuan untuk mengetahui sampai sejauhmana manfaat multimedia dalam pembelajaran secara umum dan mendeskripsikan penggunaan multimedia dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Datanya diperoleh melalui beberapa sumber (kepustakaan) dan realitas pada praktek pembelajaran di berbagai tingkatan dan jenis lembaga pendidikan. Berdasarkan kajian dari sumber kepustakaan dan realitas diperoleh fakta bahwa secara umum manfaat yang dapat diperoleh adalah proses pembelajaran lebih menarik, interaktif, jumlah waktu mengajar dapat dikurangi, sehingga kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan. Berdasarkan kajian diperoleh temuan sebagai sebagai berikut: kehadiran multimedia yang berkesan akan membantu meningkatkan mutu pengajaran dan pembelajaran. Kehadiran teknologi multimedia memberi harapan baru dalam era pendidikan saat ini karena media pembelajaran ini mempunyai kegunaan yang tidak dimiliki oleh media lain sebelum ini. Teknologi multimedia adalah salah satu media pembelajaran baru yang bisa digunakan untuk membantu proses pengajaran dan pembelajaran lebih berkesan. Ini adalah karena multimedia memadukan berbagai media; teks, suara, gambar, grafik dan animasi. Penggunaan multimedia dalam pembelajaran adalah suatu upaya untuk menciptakan suasana belajar kreatif dan inovatif tanpa mengurangi tujuan belajar yang sesungguhnya yaitu adanya perubahan tingkah laku siswa yang dapat diukur dan diamati. Menciptakan suasana belajar yang menarik bagi siswa tentulah hal yang ingin dicapai oleh guru dimanapun dan kapanpun juga. Dengan menarik perhatian siswa pada KBM yang guru ciptakan tentulah motivasi belajar siswa akan meningkat demikian pula pemahaman akan konsep materi pelajaran yang tentu saja berdampak pada kualitas pembelajaran yang meningkat pula.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): TING2016ST2-32.pdf
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Pemanfaatan dalam Proses Pembelajaran, Kualitas Pembelajaran.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Prosiding Seminar > Temu Ilmiah Nasional Guru VIII
Depositing User: rudi sd
Date Deposited: 23 Mar 2017 06:49
Last Modified: 23 Mar 2017 06:49
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6555

Actions (login required)

View Item View Item