Keefektifan Pendekatan Open-Ended Model Kooperatif Tipe STAD dalam Pembelajaran Materi Trigonometri pada Siswa Kelas X SMAN 1 Bontoharu

Mursalim, (2015) Keefektifan Pendekatan Open-Ended Model Kooperatif Tipe STAD dalam Pembelajaran Materi Trigonometri pada Siswa Kelas X SMAN 1 Bontoharu. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42452.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi guru yaitu: rendahnya hasil belajar matematika siswa, rendahnya keaktifan siswa saat mengikuti kegiatan pembelajaran, dan rendahnya respon siswa terhadap metode, pendekatan, dan model pembelajaran yang digunakan guru. Pada penelitian ini digunakan pendekatan open ended dengan model pembelajaran kelompok, model pembelajaran ini dapat menggali potensi yang dimiliki siswa sehingga dapat memupuk rasa percaya diri siswa dalam mengungkapkan pendapat atau ide-ide. Materi pembelajaran yang akan diajarkan adalah perbandingan Trigonometri. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan tujuan untuk menemukan jawaban atas pertanyaan :1) seberapa besar keefektifan pendekatan Open-Ended berbasis kooperatif tipe STAD untuk pembelajaran materi perbandingan Trigonometri, 2) seberapa besar perbedaan hasil belajar siswa pada perbandingan Trigonometri yang diajar dengan pendekatan open-ended model kooperatif tipe STAD dengan pembelajaran konvensional. Desain penelitian ini adalah static group comparison design dengan satuan eksperimen adalah siswa kelas X A dan siswa kelas X B SMAN1 Bontoharu tahun pelajaran 2014-2015. Kelompok yang diberi perlakuan pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan open-ended model kooperatif tipe STAD adalah siswa kelas X A sejumlah 20 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X B sejumlah 20 orang sebagai kelas kontrol. Prosedur pengumpulan data diawali dengan validasi instrumen atau alat ukur, uji coba instrumen,dan dianalisis. Instrumen yang digunakan adalah lembar aktivitas belajar siswa, lembar respon siswa, dan tes hasil belajar siswa. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis digunakan untuk membuktikan hipotesis bahwa "Terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan pendekatan open-ended model kooperatif tipe STAD dan pengajaran konvensional." Hasil analisis menunjukkan keaktifan siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak jauh berbeda, kecuali pada saat guru menerapkan pendekatan open ended model kooperatif tipe ST AD pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol, kedua kelas memiliki keaktifan yang jauh berbeda. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menerapkan pendekatan open ended model kooperatif sangat baik, sedangkan pembelajaran konvensional mendapat respon sangat kurang dari siswa kelas kontrol. Sebagai kesimpulan penelitian ini membuktikan bahwa pendekatan open ended model kooperatif tipe STAD mampu mengajak siswa untuk terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran karena pembelajaran open-ended membuat siswa bebas berekspresi, berani mengungkapkan pendapat karena memiliki kesempatan yang sama dalam memberikan jawaban, tak perlu ragu akan benar atau salah proses dari jawaban, dan siswa merasa senang karena dihargai ide-ide mereka

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42452.pdf
Uncontrolled Keywords: Open-Ended approach, Cooperative Type STAD, Trigonometry, Pendekatan Open-Ended, KooperatifTipe STAD, Trigonometri
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 373.238 Upper Level Secondary School (Sekolah Menengah Atas, SMA)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 05 Apr 2017 03:30
Last Modified: 25 Feb 2019 04:23
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6619

Actions (login required)

View Item View Item