Pengaruh Model Pembelajaran Perseorangan dan Kelompok Kecil Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Sengkang Kabupaten Wajo

Kadir, (2015) Pengaruh Model Pembelajaran Perseorangan dan Kelompok Kecil Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Sengkang Kabupaten Wajo. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42506.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksprimen semu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan gay a kognitif terhadap hasil bela jar matematika siswa kelas X SMA Negeri 3 Sengkang Kabupaten Wajo. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Sengkang Kabupaten Wajo tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 10 (sepuluh) kelas. Sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas X B dan kelas X D dengan jumlah siswa masing-masing 30 orang. Varia bel dalam penelitian ini,yaitu: (1) variabel bebas yang terdiri atas model pembelajaran dan gaya kognitif siswa, dan (2) variabel terikat adalah hasil belajar matematika siswa. Model pembelajaran yang digunakan adalah model PPKK dan model konvensional. Sedangkan gaya kognitif yang dimaksud adalah gaya kognitif field independent (FI) danfield dependent (FD). Instrumen yang digunakan adalah tes gaya kognif GEFT, dan tes hasil belajar matematika. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan analisis varian dua jalur (Two Way ANOVA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (a) hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model PPKK lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan model konvensional, (b) hasil belajar matematika siswa yang memiliki gaya kognitif field independent lebih tinggi daripada siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent, (c) interaksi model pembelajaran dan gaya kognitif mempengaruhi hasil belajar matematika siswa, (d) siswa yang diajar dengan model PPKK, hasil belajar matematika siswa yang memiliki gaya kognitif field independent lebih rendah daripada siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent, (e) Siswa yang diajar dengan model konvensional, hasil belajar matematika siswa yang memiliki gaya kognitif field independent lebih tinggi daripada siswa yang memilik gaya kognitif field dependent, (f) untuk siswa yang memilik gaya kognitif field independent, hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model PPKK lebih rendah daripada siswa yang diajar dengan model konvensional, (g) untuk siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent, hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model PPKK lebih tinggi daripada yang diajar dengan model konvensional. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 3 Sengkang Kabupaten Wajo dipengaruhi oleh model pembelajaran dan gaya kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42506.pdf
Uncontrolled Keywords: Individual and Group Models, Cognitive Learning Styles, Pembelajaran Perseorangan dan Kelompok Kecil, Gaya Kognitif
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 06 Apr 2017 07:20
Last Modified: 24 Oct 2018 11:26
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6626

Actions (login required)

View Item View Item