Nashir, Khoirun (2016) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Open-Ended dan RME terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Statistika Siswa Kelas XII. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
42499.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) | Preview |
Abstract
Matematika merupakan sarana berpikir untuk menumbuh kembangkan daya nalar, cara berpikir logis, sistematis dan kritis untuk kepentingan hidup. Namun banyak siswa kesulitan dalam belajar matematika terutama pada pokok bahasan Statistika yang merupakan ilmu yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari sehingga hasil belajarnya rendah. Guru dalam menentukan Pendekatan Pembelajaran yang tepat sangat membantu siswa dalam belajar memahami matematika untuk kepentingan hidupnya. Pada Penelitian yang terdahulu banyak yang menekankan bahwa Pendekatan Pembelajaran Open-Ended dan Pendekatan Pembelajaran RME berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika namun ada juga yang sebaliknya Oleh karena itu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui. 1) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Open-Ended terhadap hasil belajar matematika materi statistika. 2) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran RME terhadap hasil belajar matematika materi statistika 3) Efektifitas Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Open-Ended dan RME terhadap hasil belajar matematika materi statistika. Subjek penelitian adalah tiga kelas yaitu Kelas XII MM 1, XII MM2 sebagi kelas eksperimen dan kelas XII MM3 sebagai kelas kontrol, masing masing berjumlah 30 siswa dari 180 siswa 6 kelas XII SMKN 2 Sukorejo Kabupaten Pasuruan. Teknik pengambilan subjek penelitian dengan cluster random sampling. Metode pengumpulan data adalah metode observasi, metode tes dan metode dokumentasi. lnstrumen penelitian berupa soal esay yang dilaksanakan sebagai pre test dan post test. Data penelitian merupakan selisih nilai pre test dan post test. Data dianalisis dengan analisis uji t . Sebelum analisis,dilakukan terlebih dahuiu uji prasyarat analisis yaitu dengan uji normalitas shapiro-wilk dan uji Homogenitas Harley. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: 1) Ada pengaruh Pendekatan Pembelajaran Open-Ended terhadap hasil belajar matematika materi statistika siswa kelas XII SMK Negeri 2 Sukorejo Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2015/2016. 2) Ada pengaruh Pendekatan Pembelajaran RME terhadap hasil belajar matematika materi statistika siswa kelas XII SMK Negeri 2 Sukorejo Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2015/2016. 3) Pendekatan Pembelajaran RME lebih efektif dibanding Pendekatan Pembelajaran Open-Ended terhadap hasil belajar matematika materi statistika siswa kelas XII SMK Negeri 2 Sukorejo Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2015/2016. Secara Umum prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan Pendekatan Pembelajaran Open-ended dan RME lebih baik dari pada dengan metode Pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 42499.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Open-Ended Learning Model, RME learning model, learning outcome,mathematic, statistic, Pendekatan Pembelajaran Open-Ended, Pendekatan Pembelajaran RME,hasil belajar, matematika, statistika |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 17 Apr 2017 04:05 |
Last Modified: | 27 Feb 2019 04:39 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6645 |
Actions (login required)
View Item |