Saputra, Hardika (2015) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran KooperatifTipe STAD Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Dan Disposisi Matematis Pada Siswa SMA. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
42362.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan geogebra meningkatkan kemampuan pemecahan masalah geometri dan disposisi matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 104 siswa yang tersebar kedalam 3 kelas. Penelitian ini menggunakan penelitian kuasi eksperimen dengan bentuk desain kelompok tidak ekuivalen pretes dan postes. Dengan teknik purposive sampling, sampel dipilih dari 3 kelas yang memiliki nilai matematika rata-rata relatif sama kemudian diambil secara acak. Kelas Xl terpilih sebagai kelas yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan geogebra dan kelas X2 sebagai kelas yang menggunakan pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket disposisi matematis. Tes dan angket diberikan pada awal pembelajaran (pretes) dan akhir pembelajaran (postes). Setelah itu data dianalisis dengan menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe ST AD berbantuan geogebra peningkatan kemampuan pemecahan masalah geometri dan disposisi matematis lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran langsung. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe ST AD berbantuan geogebra berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah geometri dan disposisi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 42362.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Cooperative STAD Type, Geogebra, Geometry Problem Solving Ability, Mathematical disposition,Kooperatif Tipe STAD, Geogebra, Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri, Disposisi Matematis |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 27 Apr 2017 03:45 |
Last Modified: | 27 Apr 2017 03:45 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6694 |
Actions (login required)
View Item |