Maryoto, Gunawan (2016) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dan NHT terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika pada Materi Relasi dan Fungsi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Prigen. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
42292.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi relasi dan fungsi siswa kelas VIII SMPN 1 Prigen, dan (2) pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS, dan NHT terhadap motivasi siswa pada materi Relasi dan Fungsi di kelas VIII SMP Negeri 1 Prigen. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Instrurnen penelitian menggunakan tes motivasi sebanyak 26 soal; tes hasil belajar sebanyak 9 soal dalam bentuk uraian yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis menggunakan Uji-t dengan bantuan program SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi relasi dan fungsi siswa kelas VIII SMPN 1 Prigen, (2) ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi relasi dan fungsi di kelas VIII SMPN 1 Prigen. (3)Hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS tidak ada perbedaan dibandingkan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT . (4) ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap motivasi belajar matematika siswa pada materi relasi dan fungsi di kelas VIII SMPN 1 Prigen. ( 5) ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap motivasi belajar matematika siswa pada materi relasi dan fungsi di kelas VIII SMPN 1 Prigen. (6) Motivasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS tidak ada perbedaan dibandingkan motivasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Sebagai tindak lanjut dari penelitian ini diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran TPS dan NHT dalarn upaya meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa pada pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 42292.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Learning Outcomes Mathematics, Motivation, Think Pair Share (TPS), Numbered Heads Together (NHT), Hasil Belajar Matematika, Motivasi, Think Pair Share (TPS),Numbered Heads Together(NHT). |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 18 May 2017 02:27 |
Last Modified: | 12 Feb 2019 08:28 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6721 |
Actions (login required)
View Item |