Kurniawati, (2016) Pengaruh Model Project Based Learning ( PjBL) dan Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
42227.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ( 1) perbedaan kemampuan berfikir kreatif siswa model PjBL dan PBL, (2) perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa kelompok unggul dan kelompok asor, (3) perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa kelompok unggul model PjBL dan model PBL, (4) perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa kelompok asor model PjBL dan model PBL, (5) perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa kelompok unggul dan kelompok asor model PjBL, (6) perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa kelompok unggul dan kelompok asor model PBL, dan (7) interaksi antara model PjBL dan model PBL dengan kemampuan berpikir kreatif antara siswa kelompok unggul dan kelompok asor. Subyek penelitian ini adalah siswa SMP Taman Dewasa kelas VIII berjumlah 80 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan bentuk eksperimen kuasi. Subyek penelitian ini adalah siswa SMP Taman Dewasa kelas VIII berjumlah 80 siswa. Subyek yang akan benar-benar diteliti ( obyek Penelitian) siswa kelas VIIIB dan VIIIC dengan metode simple random sampling. Program Anates Versi 4.0.5 digunakan untuk menentukan kelompok unggul dan kelompok asor. Berdasarkan hasil penelitian melalui SPSS versi 21 dengan tingkat signifikan 0,05 atau 95 % diperoleh ( 1) ada perbedaan kemampuan kreatif siswa model PjBL dan model PBL, dimana kemampuan kreatif siswa model PjBL lebih baik dari kemampuan kreatif siswa model PBL, (2) ada perbedaan nilai rerata kemampuan kreatif siswa kelompok unggul dan kelompok asor, dimana kemampuan kreatif kelompok unggul lebih baik dari kelompok asor, (3) ada perbedaan kemampuan kreatif siswa kelompok unggul model PjBL dengan model PBL, dimana kemampuan kreatif kelompok unggul model PjBL lebih baik dari model PBL, ( 4) ada perbedaan kemampuan kreatif siswa kelompok asor model PjBL dengan model PBL, dimana kemampuan kreatifkelompok asor model PjBL lebih baik dari model PBL, (5) ada perbedaan kemampuan kreatif pembelajaran model PjBL siswa kelompok unggul dengan kemampuan kreatif siswa kelompok asor, (6) ada perbedaan kemampuan kreatif pembelajaran model PBL siswa kelompok unggul dengan kemampuan kreatif siswa kelompok asor, (7) interaksi perbedaan model pembelajaran dan tingkat kemampuan siswa tidak berpengaruh terhadap komponen-komponen kemampuan kreatif siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 42227.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Project Based Learning Model, Problem Based Learning, creative thinking ability, upper group and lower group, Model Project Based Learning, Problem Based Learning,Kemampuan kreatif, kelompok unggul dan kelompok asor. |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 18 May 2017 04:12 |
Last Modified: | 11 Jan 2019 04:17 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6724 |
Actions (login required)
View Item |