Pengembangan Perangkat Model PBL Berpendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kerjasama Dan Kemampuan Literasi Matematika Materi Aritmetika Sosial

Warsini, Theresia (2016) Pengembangan Perangkat Model PBL Berpendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kerjasama Dan Kemampuan Literasi Matematika Materi Aritmetika Sosial. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42781.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan perangkat pembelajaran matematika yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan model Borg dan Gall dan disederhanakan menjadi 6 langkah utama yaitu: penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan format produk awal, ujicoba lapangan awal, merevisi hasil uji coba, dan uji pelaksanaan lapangan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah silabus, RPP, LKS, dan buku siswa. Analisis data untuk menilai kevalidan perangkat pembelajaran dilakukan oleh 5 validator menggunakan instrument lembar validasi. Kepraktisan perangkat dinilai menggunakan lembar pengamatan kemampuan guru mengelola kelas dan lembar angket respon siswa. Keefektifan dinilai berdasarkan hasil uji ketuntasan,uji banding t-test, uji regresi linier, uji gain dan uji peningkatan t-test. Hasil validitas perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian yang dihitung dengan nilai maksimum 5,00 adalah sebagai berikut: 1 )Perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid yaitu silabus dengan skor rata-rata 4, 18 (baik), RPP dengan skor 4,03 (baik), buku siswa dengan skor 4,04 (baik), LKS dengan skor 3,96 (baik), instrumen pengamatan kerjasama dengan skor 4, 14 (sangat baik), instrumen pengamatan keterampilan literasi matematika dengan skor 4,06 (sangat baik), instrumen pengamatan kemampuan guru mengelola kelas dengan skor 4,16 (sangat baik), instrumen angket respon siswa terhadap pembelajaran dengan skor 4,06 (sangat baik) dan tes KLM dengan skor 3,9 (baik). 2) Perangkat pembelajaran dinyatakan praktis, yaitu: a) hasil pengamatan kemampuan guru mengelola kelas mempunyai rata-rata 4,43 dengan kriteria sangat baik, b) respon siswa baik dengan rata-rata 3,85. 3) Pembelajaran matematika dinyatakan efektif,yaitu: a) KLM mencapai ketuntasan individual, KLM mencapai ketuntasan klasikal dengan ketuntasan mencapai lebih dari 7 5%; b) Perbedaan nilai rata-rata kelas yang diajar dengan model PBL berpendekatan kontekstual 80,00 lebih baik dari kelas yang diajar dengan model konvensional 64,42; c) adanya pengaruh positif karakter kerjasama dan keterampilan literasi matematika terhadap KLM sebesar 82, 1 %; dan d) adanya peningkatan kerjasama dan kemampuan literasi matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42781.pdf
Uncontrolled Keywords: Cooperation, Math literation, PBL, learning material development, Validity, Effective, Kerjasama, Literasi matematika, PBL, Pengembangan perangkat pembelajaran,Valid, Praktis, Efektif.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 04 Jul 2017 03:38
Last Modified: 04 Jul 2017 03:38
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6766

Actions (login required)

View Item View Item