Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Model Creative Problem Solving (CPS) Pada Materi Trigonometri

Sucianah, Atim (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Model Creative Problem Solving (CPS) Pada Materi Trigonometri. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42216.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Creative Problem Solving pada materi Trigonometri, untuk SMA kelas X.Perangkat yang dikembangkan terdiri dari : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP),Lembar Kerja Siswa (LKS),lnsrumen Penilaian. Karena perangkat pembelajaran sebelumnya kurang mampu membuat siswa menghubungkan antara materi yang dipelajari dengan materi yang sudah dipelajari. Sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran perlu dibuat perangkat pembelajaran yang memotivasi siswa agar dapat menghubungkan antara materi yang dipelajari dengan materi yang sudah dipelajari. Untuk itu dalam menyusun perangkat pembelajaran di dalamnya dipilih model creative problem solving, karena keunggulan model ini adalah siswa mampu mengkaitkan antara materi yang dipelajari dengan materi yang sudah dipelajari, sehingga dapat memunculkan kratifitas siswa untuk menyelesaikan masalah. Pada pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model creative problem solving siswa diminta untuk menklarifikasi masalah, mengungkapkan pendapat, mengevaluasi, dan mengimplementasikan. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan harus memenuhi kriteria valid,praktis, dan efektif sehingga layak untuk digunakan. Penentuan kriteria tersebut melalui proses validasi dan uji coba. Untuk kriteria valid didasarkan pada penilaian validator, praktis didasarkan pada hasil pengamatan siswa dan guru,sedangkan criteria efektif didasarkan pada hasil tes akhir. Penelitian pengembangan perangkat pembelajaran ini dilakukan dengan menggunakan model 4 D, yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan),Develop (pengembangan}, dan Disseminate (penyebaran) untuk menghasilkan produk yang berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP}, Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Instrument Penilaian. Proses validasi dilakukan untuk mengetahui tingkat kevalidan perangkat pembelajaran yang dihasilkan. Hasil validasi untuk RPP menunjukkan persentase kevalidan dari ketiga validator menunjukkan nilai rata-rata 84% dan untuk LKS 87%, hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah valid. Hasil uji coba menunjukkan untuk aktivitas guru 94% dan aktivitas siswa 90% sehingga memenuhi kategori minimal baik dan telah memenuhi criteria praktis. Setelah dilakukan perhitungan untuk soal tes 89,29% siswa tuntas dan untuk penilaian sikap nilai rata-ratanya adalah sangat baik hal ini telah memenuhi kriteria efektif. Sehingga sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan,maka dapat disimpulkan bahwa soal tes secara klasikal telah tuntas dan soal dapat digunakan. Secara umum dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan bisa dipakai untuk materi yang lain yang sesuai dengan pendekatan pembelajaran berbasis creative problem solving, sehingga dapat meningkatkan pembelajaran pada siswa. Serta perangkat pembelajaran yang dikembangkan bisa dipakai untuk kelas dan bahkan sekolah lain , sehingga dapat bermanfaat untuk orang lain

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42216.pdf
Uncontrolled Keywords: developing mathematics teaching programs, perangkat pembelajaran matematika, Creative Problem Solving (CPS), Trigonometri
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 516.24 Trigonometry/Trigonometri
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 19 Jul 2017 02:51
Last Modified: 19 Jul 2017 02:51
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6796

Actions (login required)

View Item View Item