Rachmono, Sugeng (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendekatan Saintifik Dengan Strategi Menyenangkan Aktif, Realistik, Terstruktur, Dan Inovatif Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Varlabel Kelas Viii Semester 2 Di SMP Negeri 1 Leces Tahun Pelajaran 2014 - 2015. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
42544.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkonstruksi pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran pendekatan saintifik dengan strategi menyenangkan, aktif, realistik, terstruktur, dan inovatif dalam upaya membantu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Leces Kabupaten Probolinggo mengatasi kesulitan dalam mempelajari Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Pembelajaran dirancang dengan berorientasi pada teori Konstruktivisme, dimana agar anakbelajar, perlu memperhatikan struktur-struktur dan proses kognitif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan perangkat pembelajaran. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran matematika (pengamat)dan 29 orang siswa kelas VIII-e SMP Negeri 1 Leces Kabupaten Probolinggo yang ditetapkan sebagai focus dalam penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penditian ini adalah ubservasi, tdrniktes, wawancara,dan cacatan lapangan. Data yang dikumpulkan dianalisis secara kualitatif. Untuk itu penelitian ini dirancang dengan rancangan Penelitian Pengembangan Perangkat Pernbelajaran yang dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Leces Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini menggunakan lembar observasi,pedoman wawancara, dan tes basil belajar siswa sebagai instrumen pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan produk penelitian berupa perangkat pembelajaran adalah valid dan layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 42544.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Scientific Learning Tool, Strategy MARTIN, Systems of Linear Equations Two Variables, Perangkat Pembelajaran Saintifik, Strategi MARTIN, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 07:55 |
Last Modified: | 10 Aug 2017 07:55 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6863 |
Actions (login required)
View Item |