Supriyanto, Eko (2015) Pengaruh Efektivitas Iklan Dalam Meningkatkan Kesadaran Merek Dan Brand Image Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Es Krim Merek Wall's Di Pekanbaru. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
42400.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
Tingkat konsumsi es krim perkapita di Indonesia menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun. Posisi merek Walls sebagai market leader es krim di Indonesia tak tergoyahkan oleh para pesaing dalam beberapa tahun terakhir. Melihat angka pertumbuhan yang cukup baik pada es krim Walls, maka dapat dikatakan bahwa permintaan konsumen pada merek es krim tersebut masih sangat tinggi. Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa tingkat keputusan konsumen untuk membeli merek es krim Walls masuk pada kategori yang tinggi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung efektivitas iklan terhadap keputusan konsumen melalui mediasi kesadaran merek dan brand image. Populasi penelitian adalah konsumen es krim Wall's di kota Pekanbaru. Penetepan sampel dilakukan secara non probability sampling. Jumlah sampel sebanyak 184 orang responden yang dipilih berdasarkan teknik judgemental sampling. V ariabel yang digunakan adalah efektivitas iklan sebagai variabel eksogen serta kesadaran merek, brand image dan keputusan konsumen sebagai variabel endogen. Alat analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan Structural Equation Afodeling (SEM) dengan alat bantu Amos 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas iklan berpengaruh signifikan terhadap kesadaran merek, brand image dan keputusan pembelian konsumen. Kesadaran merek dan brand image mampu memediasi pengaruh yang terjadi pada efektivitas iklan terhadap keputusan konsumen membeli es krim Wall's.
Actions (login required)
View Item |