Pengaruh Efektivitas Iklan Dalam Meningkatkan Kesadaran Merek Dan Brand Image Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Es Krim Merek Wall's Di Pekanbaru

Supriyanto, Eko (2015) Pengaruh Efektivitas Iklan Dalam Meningkatkan Kesadaran Merek Dan Brand Image Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Es Krim Merek Wall's Di Pekanbaru. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42400.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tingkat konsumsi es krim perkapita di Indonesia menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun. Posisi merek Walls sebagai market leader es krim di Indonesia tak tergoyahkan oleh para pesaing dalam beberapa tahun terakhir. Melihat angka pertumbuhan yang cukup baik pada es krim Walls, maka dapat dikatakan bahwa permintaan konsumen pada merek es krim tersebut masih sangat tinggi. Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa tingkat keputusan konsumen untuk membeli merek es krim Walls masuk pada kategori yang tinggi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung efektivitas iklan terhadap keputusan konsumen melalui mediasi kesadaran merek dan brand image. Populasi penelitian adalah konsumen es krim Wall's di kota Pekanbaru. Penetepan sampel dilakukan secara non probability sampling. Jumlah sampel sebanyak 184 orang responden yang dipilih berdasarkan teknik judgemental sampling. V ariabel yang digunakan adalah efektivitas iklan sebagai variabel eksogen serta kesadaran merek, brand image dan keputusan konsumen sebagai variabel endogen. Alat analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan Structural Equation Afodeling (SEM) dengan alat bantu Amos 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas iklan berpengaruh signifikan terhadap kesadaran merek, brand image dan keputusan pembelian konsumen. Kesadaran merek dan brand image mampu memediasi pengaruh yang terjadi pada efektivitas iklan terhadap keputusan konsumen membeli es krim Wall's.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42400.pdf
Uncontrolled Keywords: Advertisement Effectiveness, Brand Awareness, Brand Image and Buying Decision, Efektivitas lklan, Kesadaran Merek, Brand Image dan Keputusan Konsumen
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.81 Sales Management (Manajemen Pemasaran)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.839 Historical, Geographic Treatment of Market Research (Riset Penelitian Pemasaran di Lokasi Tertentu)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.1 Advertising (Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen Pemasaran
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 11 Aug 2017 08:09
Last Modified: 11 Aug 2017 08:09
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6875

Actions (login required)

View Item View Item