Analisis Pengangkatan Pegawal Negeri Sipil (PNS)Jabatan Fungsional Tertentu Dalam Meningkatkan Profesionalisme Pegawai Pada Pemerintah Kabupaten Bungo

Andriani, Lufi (2016) Analisis Pengangkatan Pegawal Negeri Sipil (PNS)Jabatan Fungsional Tertentu Dalam Meningkatkan Profesionalisme Pegawai Pada Pemerintah Kabupaten Bungo. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42246.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dalam rangka pengembangan profesionalisme dan pembinaan karier Pegawai Negeri Sipil serta peningkatan mutu pelaksanaan tugas umum pemerintahan dan pembangunan, Pemerintah menetapkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 1994 tentang Jabatan Fungsional Pegawai Negeri Sipil. Jabatan fungsional adalah kedudukan yang menunjukkan tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak seseorang Pegawai Negeri Sipil dalam suatu satuan organisasi yang dalam pelaksanaan tugasnya didasarkan pada keahlian dan/atau ketrampilan tertentu serta bersifat mandiri. Penelitian ini akan rnenganalisis pengangkatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) jabatan fungsional tertentu dalarn meningkatkan profesionalisme pegawai pada Badan Kepegawaian dan Diktat Kabupaten Bungo. Dengan menggunakan motode diskriptif kualitatif, data diperoleh melalui penyebaran angket, wawancara dengan sejumlah informan yaitu semua pejabat fungsional dan pejabat struktural pada Badan Kepegawaian dan Diklat Kabupaten Bungo. Peneliti juga terlibat langsung di dalam proses kerja Badan Kepegawaian dan Diklat Kabupaten Bungo untuk melakukan pengamatan, selain itu juga mengumpulkan dokumen berkenaan dengan proses dan hasil kerja Badan Kepegawaian dan Diklat Kabupaten Bungo. Data kemudian dianalisis dengan mereduksi data dan membuat abstrak serta menarik kesimpulan. Hasil yang diperoleh adalah Kondisi eksisting Pejabat Fungsional Tertentu pada Badan Kepegawaian dan Diklat Kabupaten Bungo masih sangat prihatinkan, ruang kerja khusus belum disediakan, fasilitas penunjang pelaksanaan pekerjaan tidak disediakan, seperti perangkat komputer dan alat kantor lainnya yang menunjang pekerjaan mereka. Proses pengangkatan Pejabat Fungsional Tertentu pada Pemerintah Kabupaten Bungo dilakukan dengan dua cara, yaitu secara impassing atau mutasi pegawai negeri sipil yang telah bekerja di struktural menjadi pejabat fungsional, selain itu dengan cara membuka formasi baru penerimaan calon pegawai negeri sipil untuk jabatan fungsional tertentu. Proses peningkatan kompetensi Pejabat Fungsional Tertentu pada Badan Kepegawaian dan Diklat Kabupaten Bungo masih lemah,peluang ikut serta dalam pendidikan dan pelatihan serta pembinaan teknis khusus pekerjaan yang mereka bidangi tidak diberikan baik di dalam maupun di luar daerah. Proses penetapan angka kredit dan kenaikan pangkat juga memerlukan waktu yang cukup lama dan susah, karena berkas pengajuan angka kredit harus dikirimkan ke Badan Kepegawaian Negara Pusat dan ditentukan di sana. Dalam rangka meningkatkan hasil kerja pejabat fungsional tertentu pada Badan Kepegawaian dan Diklat Kabupaten Bungo, perlu disediakan fasilitas kerja yang memadai, seperti ruang khusus untuk bekerja, sarana penunjang bekerja, komputer dan perangkat kerja lainnya.Pengangkatan pejabat fungsional tertentu haruslah dipermudahkan dan dipercepat dalam urusan penetapan sebagai pejabat fungsional tertentu, sehingga mereka dapat bekerja dengan khusus berdasarkan jabatan yang ditetapkan kepada mereka.Peningkatan kompetensi pejabat fungsional tertentu harus diperhatikan, hal ini sangat berguna untuk peningkatan profesional kerja mereka, sehingga secara bertahap para pejabat mereka dapat bekerja lebih sempurna dan profesional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42246.pdf
Uncontrolled Keywords: rekrutmen, profesional, kinerja, recruitment, professional, performance
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 352.63 Government Workers (Pegawai Pemerintah)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 18 Sep 2017 03:36
Last Modified: 17 Sep 2018 02:25
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6915

Actions (login required)

View Item View Item