Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa

Siswadi, (2015) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42596.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis, peningkatan kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah. Desain penelitian ini adalah quasi experiment atau eksperimen semu yang terdiri dari dua kelompok penelitian yaitu kelas eksperimen (kelas perlakuan) dan kelas kontrol. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah data nilai seluruh siswa kelas X SMA Negeri I Pagar Dewa Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun Pelajaran 2013/2014. Sampel diambil dari dua kelas, kelas X MIA 3 dijadikan sebagai kelas eksperimen denganjumlah siswa sebanyak 31 orang dan kelas X MIA I sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang. Data diperoleh dari instrumen tes dan angket disposisi matematis siswa. Hasil analisis menunjukan bahwa: (1)Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2) Disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42596.pdf
Uncontrolled Keywords: mathematical critical thinking skills, mathematical disposition, problem based learning, Kemampuan berpikir kritis matematis, disposisi matematis,pembelajaran berbasis masalah
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 19 Sep 2017 02:27
Last Modified: 23 Aug 2019 06:39
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6920

Actions (login required)

View Item View Item