Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Siswa Mts Negeri Kalianda Melalui Pembelajaran Metode Penemuan Terbimbing

Julaiha, Ena (2014) Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Siswa Mts Negeri Kalianda Melalui Pembelajaran Metode Penemuan Terbimbing. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42700.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji masalah peningkatan kemampuan pemahaman clan komunikasi matematis siswa MTs Negeri Kalianda. Pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing dan konvessional dengan kelas eksperimen dan kontrol serta kategori Kemampuan Awai Matematis (KAM). Bentuk penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTs Negeri kelas VII Kalianda Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 6 kelas. Sampel penelitiannya adalah Siswa MTs kelas VII A sebagai kelas ekperimen dan VII C sebagai kelas kontrol, serta instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan awal matematis, tes kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis sedangkan analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Ai1alisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan Uji t. Anova Dua Jalur dan untuk analisis kualitatif dilakukan untuk mendeskripsikan minat, kemampuan dan kesulitan siswa setelah pembelajaran. Hasil penelitian adalah(l) peningkatan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa melalui pembelajaran metode penemuan terbimbing lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional dapat terlihat dan nilai F yaitu 12.940 sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing tidak lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional ditinjau dan kemampuan awal matematis.(2) tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran metode penemuan terbimbing dan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional dapat terlihat dan nilai F yaitu 11.456 dan mempunyai nilai peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mandapatkan pembelajaran konvesional bila ditinjau dan kategori Kemampuan Awai Matematis(KAM).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42700.pdf
Uncontrolled Keywords: learning, comprehension, and mathematics communication, mathematics beginning ability,pembelajaran pemahaman dan komnikasi matematis, kemampuan awal matematis
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 25 Sep 2017 02:28
Last Modified: 25 Sep 2017 02:28
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6927

Actions (login required)

View Item View Item