Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Penemuan Terbimbing Untuk Materi Fungsi

Sandi, Boy (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Penemuan Terbimbing Untuk Materi Fungsi. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42786.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan bahan ajar berupa LKS (Lembar Kegiatan Siswa), RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan THB (Tes Hasil Belajar) dengan model pembelajaran penemuan terbimbing, mengetahui penilaian ahli terhadap kelayakan penggunaan bahan ajar untuk digunakan dalam pembelajaran di SMPN 3 Berau, serta mengetahui penilaian aktivitas guru dan aktivitas terhadap hasil pengembangan yang digunakan pada saat pembelajaran. Bahan ajar matematika dikembangkan dengan model pembelajaran penemuan terbimbing. Hasil penilaian tenaga ahli pada proses validasi isi dan bahasa bahan ajar yang dihasilkan adalah Pengembangan LKS Penemuan Terbimbing layak digunakan oleh siswa dengan melihat hasil perhitungan dari penilaian dari validator ahli dan siswa terhadap LKS Penemuan Terbimbing nilai rata-rata dari dua aspek yang dinilaia adalah 4,2 skala 5 dengan kategori sangat valid sehingga criteria validitas LKS telah tercapai pada pokok bahasan Fungsi. Begitu juga hasil penilaian tenaga ahli pada proses validasi penentuan pembelajaran, isi , bahasa dan waktu bahan ajar yang dihasilkan adalah dengan melihat hasil perhitungan dari penilaian dari validator ahli dan siswa terhadap RPP Penemuan Terbimbing nilai rata-rata dari dua aspek yang dinilai adalah 4, 1 skala 5 dengan kategori sangat valid sehingga criteria validitas RPP telah tercapai pada pokok bahasan Fungsi. Dari hasil pengembangan RPP ini diharapkan penerapan pembelajaran juga sangat bergantung pada gurunya untuk mengetahui sejauh mana aktivitas guru dan siswa, didapat bahwa aktivitas siswa yang aktif 86,25% pada akhir pertemuan temyata didapat hanya 25 orang saja dan 5 orang sisanya tidak mengerti apa yang disampaikan oleh gurunya dan salah satunya diwawancara oleh peneliti. Respon siswa dari hasil yang didapat bahwa respon siswa terhadap semua aspek berada di atas 80% yaitu 82,99%, sehingga menurut kriteria yang telah ditetapkan bahwa respon siswa dikatakan sangat positif. Jika semua aspek telah diukur dari penelitian maka dihasilkan perangkat pembelajaran penemuan terbimbing yang memenuhi kriteria baik, sehingga dapat diimplementasikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42786.pdf
Uncontrolled Keywords: Invention Guidance, Leaming Device, Motivation, The results of The study,Penemuan Terbimbing, Perangkat Pembelajaran, Motivasi, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 28 Sep 2017 03:19
Last Modified: 28 Sep 2017 03:19
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6956

Actions (login required)

View Item View Item