Pembelajaran Matematika dengan Metode lnkuiri Berbasis Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerik Materi Bilangan Pecahan Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Bondowoso

Rosmaya, Ina Andriyani (2014) Pembelajaran Matematika dengan Metode lnkuiri Berbasis Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerik Materi Bilangan Pecahan Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Bondowoso. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42721.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan metode pembelajaran inkuiri berbasis saintifik dan untuk menganalisis interaksi antara penggunaan metode pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan numerik. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bondowoso yang terdiri dari 6 kelas dan jumlah siswa 150 orang. Tehnik pengambilan sampel digunakan Teknik Purposive Sampling, diperoleh 50 siswa kelompok eksperimen dan 50 siswa kelompok kontrol. Metode pengambilan data adalah metode dokumentasi, metode tes, dan lembar angket aktivitas belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis varians (ANAV A) dua jalur. Hasil uji hipotesis menunjukkan 1) Adan ya pengembangan perangkat pembelajaran dengan metode inkuiri berbasis saintifik yang valid. 2) Ada perbedaan hasil kemampuan numerik matematika antara penggunaan metode inkuiri berbasis saintifik dan metode konvensional. Nilai signifikansi yang diperoleh 0,00 < 0,01 yang artinya metode belajar saintifik dan metode konvensional memberikan pengaruh yang sangat nyata dengan taraf kepercayaan 95%. 3) Ada perbedaan hasil kemampuan numerik matematika antara siswa yang mempunyai aktivitas tinggi dan aktivitas rendah setelah mengikuti pembelajaran dengan metode inkuiri berbasis saintifik. Nilai signifikansi 0,00 < 0,01 dengan taraf kepercayaan 95% yang artinya aktivitas belajar siswa yang tinggi dan rendah berpengaruh terhadap hasil kemampuan numerik. 4) Ada interaksi antara penggunaan metode pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan numerik siswa. Nilai signifikansi 0,01 < 0,05, artinya terdapat pengaruh nyata antara 2 metode pembelajaran yang digunakan pada tingkat aktivitas belajar siswa tinggi dan rendah terhadap kemampuan numerik siswa.Temuan dalam penelitian ini dapat memperkuat teori pembelajaran inkuiri dan teori tentang aktivitas belajar siswa. Selanjutnya dengan penerapan metode inkuiri berbasis saintafik dan aktivitas belajar siswa, maka guru diharapkan : 1)memiliki keterampilan dalam penggunaan metode pembelajaran sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran; 2) memiliki keterampilan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42721.pdf
Uncontrolled Keywords: Inquiry method, scientific approach, numerical ability, Metode Inkuiri, Pendekatan Saintifik, Kemampuan Numerik.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 06 Nov 2017 09:36
Last Modified: 08 Oct 2018 01:43
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7011

Actions (login required)

View Item View Item