Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual terhadap Pemahaman Konsep Matematis dan Motivasi belajar Siswa MTs

Mutiah, (2014) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual terhadap Pemahaman Konsep Matematis dan Motivasi belajar Siswa MTs. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42716.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(l) Pengaruh pemahaman konsep matematis yang menggunakan pembelajaran kontekstual dibandingkan dengan pembelajaran konvensional; dan (2) Pengaruh motivasi belajar siswa yang menggunakan pembelajaran kontekstual dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan Design Posttest Only Control. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri Kedondong. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling, dipilih dua kelas yaitu kelas VIIIE sebagai kelompok eksperimen pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual dan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol yang menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional. lnstrumen yang digunakan berupa tes uraian pemahaman konsep matematis dan angket motivasi belajar siswa. Teknik analisis datanya di lakukan dengan menggunakan uji beda rata-rata (Uji-t) dengan bantuan paket program SPSS 16.Dari hasil analisis di simpulkan: (l) Pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran kontekstual lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional,(2) Motivasi belajar siswa yang memperoleh pembelajaran kontekstual lebih baik dibandingkan dengan siwa yang memperoleh pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42716.pdf
Uncontrolled Keywords: Contextual, mathematical understanding, motivation,Kontekstual, Pemahaman Matematis, Motivasi
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.314 Motivation, Morale, Discipline (Motivasi, Moral, Displin)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 09 Nov 2017 08:05
Last Modified: 25 Feb 2019 06:42
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7017

Actions (login required)

View Item View Item