Y., Harry Murty (2014) Pengaruh Kualitas Layanan Pendidikan Terhadap Persepsi Dan Kepercayaan Siswa Serta Dampaknya Terhadap Kepuasan Siswa Di SMA Santo Ignasius Singkawang. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
42748.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan di SMA masih menghadapi masalah dalam kaitan dengan relevansi kurikulum, pembelajaran, dan manajemen sekolah yang menciptakan proses belajar siswa yang mutunya rendah. Kegiatan selama proses belajar mengajar di kelas dirasakan belum cukup memberikan jaminan bahwa siswa akan memperoleh prestasi hasil belajar (nilai) yang memuaskan. Menjamurnya lembaga-lembaga bimbingan belajar dan tempat les/privat menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap layanan pendidikan sekolah masih kurang baik serta menunjukkan pula bahwa siswa percaya terhadap lembaga bimbingan atau guru les/privat di luar sekolah lebih mampu membantu meningkatkan prestasi. Sarana dan prasarana sekolah yang belum memadai menjadi keluhan yang disampaikan oleh para siswa. Masyarakat sebagai pelanggan sekolah (siswa, orang tua, serta pihak-pihak terkait lainnya) perlu diyakinkan bahwa sekolah yang akan dipilih adalah sekolah yang memberikan pelayanan yang relevan dengan kebutuhan dan tuntutan zarnan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh kualitas layanan pendidikan terhadap persepsi dan kepercayaan siswa serta dampaknya terhadap kepuasan siswa di SMA Santo Ignasius Singkawang. Sampel penelitian berjurnlah 100 orang siswa yang sedang menempuh pendidikan pada sekolah tersebut. Sampel diambil dengan menggunakan purposive sampling. Deskripsi jawaban responden terhadap 70 item pertanyaan kuesioner menunjukkan bahwa secara umum penilaian yang diberikan oleh 100 orang responden terhadap seluruh variabel penelitian adalah tinggi. Namun untuk beberapa indikator khususnya pada indikator variabel persepsi, hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa proses belajar mengajar pada jam sekolah dirasakan oleh sebagian besar siswa belum mampu memberikan kontribusi bagi prestasi belajar siswa. Analisis dan pengujian dengan menggunakan analisis jalur (Path Analysis) memperoleh hasil, yaitu: (1) kualitas layanan pendidikan berpengaruh terhadap persepsi siswa sebesar 76,5%,(2) kualitas layanan pendidikan berpengaruh terhadap kepercayaan siswa sebesar 76,2%, (3) persepsi siswa berpengaruh terhadap kepuasan siswa sebesar 53,1%,( 4) kepercayaan tidak berpengaruh terhadap kepuasan siswa, dan ( 5) kualitas layanan pendidikan tidak berpengaruh secara langsung terhadap kepuasan siswa, pengaruh tidak langsung melalui persepsi diperoleh sebesar 56, 15%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 42748.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Quality, Education Services, Perception, Trust, Satisfaction, Path Analysis, Kualitas, Layanan Pendidikan, Persepsi, Kepercayaan, Kepuasan,Analisis Jalur |
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.07 Education, Research of Management (Pendidikan dan Riset Penelitian Manajemen) 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.812 Customer Satisfaction/TQM/Quality Of Service (Kepuasan Pelanggan) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 13 Nov 2017 03:26 |
Last Modified: | 13 Nov 2017 03:26 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7024 |
Actions (login required)
View Item |