Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dan TPS Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Materi Bilangan Bulat Kelas VII

Sri, Wilujeng (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dan TPS Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Materi Bilangan Bulat Kelas VII. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42627.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganaJisa: ( I) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kemandirian belajar siswa. (2) Perbedaan hasil bclajar matematika yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan TPS an tara kelompok siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi dan siswa yang memiliki kemandirian belajar sedang maupun rendah. (3) Interaksi model pembelajaran koopertaif tipe NHT dan TPS dengan kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu yang dilakukan di SMP Negeri I Tegalampel Bondowoso, pada kelas VII semester ganjil tahun pelajaran 20 14/2015. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas VII dan sampel diambil dengan teknik Cluster Sampling dengan jumlah 2 kelas yaitu kelas eksperimen (NHT) dan kelas kontrol (TPS). Pengumpulan data dilakukan melalui dokumen sekolah, angket kemandirian belajar siswa dan tes hasil belajar matematika. Pengujian hipotesis menggunakan Anova Dua Arah dengan faktorial 2x3 dengan taraf signifikan a. = 0,05. Dari hasil analisa disimpulkan : (I) Hasil bela jar matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih efektif daripada model pembelajaran kooperatif tipe TPS. (2) Hasil belajar matematika pada siswa dengan kemandirian belajar tinggi lebih baik dari pada siswa dengan kemandirian belajar sedang, hasil belajar matematika pada siswa dengan kemandirian b !Ia jar tinggi lebih baik dari pada siswa dengan kemandirian rendah, dan hasil belajar matematika pada siswa dengan kemandirian belajar sedang sama dengan kemandirian belajar rendah. (3)hasil belajar matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa yang mempunyai kemandirian belajar tinggi lebih efektif daripada model pembelajaran kooperatif tipe TPS, dan hasil belajar matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa yang mempunyai kemandirian belajar sedang dan kemandirian belajar rendah sama efektifnya dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42627.pdf
Uncontrolled Keywords: NHT, TPS, Students Learned independence, the result of Mathematics, Kemandirian Belajar Siswa, Hasil Belajar Matematika.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 22 Nov 2017 04:03
Last Modified: 22 Nov 2017 04:03
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7057

Actions (login required)

View Item View Item