Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan hasil Belajar Kognitif Materi Sudut Pada Prisma Siswa Kelas X SMAN 2 Probolinggo Tahun 2014-2015

Endrawati, (2015) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan hasil Belajar Kognitif Materi Sudut Pada Prisma Siswa Kelas X SMAN 2 Probolinggo Tahun 2014-2015. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42766.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap kemampuan pemecahkan masalah dan basil belajar kognitif materi sudut pada prisma. Jenis penelitian yang digunakan dalam pcnelitian ini adalah experimental Semu. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X terdiri dari 7 kelas yang berjumlah 218 orang. Sampel penelitian yang digunakan adalah 2 kelas X. kelas X II-2 sebanyak 32 orang sebagai kelas kontrol dan kelas X DS-3 sebanyak 32 orang sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel adalah teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group. Instrumen untuk pengumpulan data menggunakan tes. Data yang terkurnpul dianalisis menggunakan analisis varians satu arab. Teknik analisis data menggunakan analisis uji beda (uji-t) dengan bantuan program penghitungan statistik Statistical Product And Service Solution (SPSS) 17.0 for Windows. Penelitian dilaksanakan pada tanggal16 Maret 2015 sampai dengan tanggal 21 Mei 2015. Hasil analisis data yang didukung oleh Independent Samples Test diperoleh: (1) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terbadap kemampuan pemecahan masalah (thitung = 3,996 dan ttabel = 2,042, jadi thitung > ttabel, nilai signifikansi 0,000 < 0,05). (2) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar kognitif (thitung = -3,549. Keputusan pengujiaan dua arah, hipotesis nol diterima apabila nilai thitung terletak pada interval -2,042 < thitung < 2,042, nilai signifikansi sebesar 0.001 < 0,05. (3) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NIIT terhadap kemampuan pemecahan masalah antara siswa superior dan inferior ( thitung = - 9,140 dan ttabel = - 2.042 menunjukkan bahwa thitung < ttabel, nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0,05. (4) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terbadap basil belajar kognitif antara siswa superior dan inferior (thitung =- 8.329 dan ttabel =-2.042, jadi thitung < ttabel, nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0,05 . (5) ada interaksi antara siswa yang superior dan inferior selama proses pembelajaran model Kooperatif Tipe NHT <Fhitung = 4.821 dengan signifikansi sebcsar 0,032 > 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahkan masalah dan basil bela jar kognitif materi sudut pada prisma.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42766.pdf
Uncontrolled Keywords: Numbered Heads Together (NHT), Problem Solving Ability, Cognitive Learning Achievement on Angle and Prism, kemampuan pemecahan masalah, hasil belajar kognitif sudut pada prisma.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 22 Nov 2017 04:32
Last Modified: 22 Nov 2017 04:33
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7060

Actions (login required)

View Item View Item