Profil Kreativitas Penyelesaian Masalah Matematika Siswa SMP Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif

Kurniawati, Dewi (2015) Profil Kreativitas Penyelesaian Masalah Matematika Siswa SMP Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42765.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil penyelesaian masalah matematika siswa SMP berdsarkan gaya kognitif reflektif dan impulsif. Penilaian kreativitas didasarkan pada penilaian siswa dalam menyelesaikan masalah penilaian ini terdiri atas tiga aspek kreativitas yaitu: kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan. Kefasihan penyelesaian masalah mengacu pada kemampuan siswa memberi banyak jawaban benar. Fleksibelitas penyelesaian masalah mengacu pada kemampuan siswa memberi penyelesaian masalah dengan cara berbeda yang benar. Kebaruan penyelesaian masalah mengacu pada kemampuan siswa memberi penyelesaian berbeda dari sebelumnya yang benar. Dua penyelesaian berbeda bila konsep matematika atau konteks yang digunakan berbeda atau tidak biasa dibuat siswa pada tingkat pengetahuannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada kelas Vill SMP Taman Dewasa Probolinggo Tahun Ajaran 2014/2015. Subjek yang diteliti merupakan siswa reflektif dan impulsif dengan kemampuan matematika yang sama. Subjek penelitian 6 siswa yaitu 3 siswa reflektif dan 3 siswa impulsif, penentuan subjek penelitian menggunakan MFFT (Matching Familiar Figures Test). Subjek diberikan soal tes berupa masalah matematika yang diambil kelompok aljabar dan geometri materi kelas Vlll SMP dilanjutkan wawancara berbasis tugas, digunakan triangulasi waktu untuk melihat keabsahan data (valid), selanjutnya data valid dianalisis berdasarkan ketiga aspek kreativitas. Hasil penelitian siswa reflektif kreatif kemampuan berpikir dalam penyelesaian masalah aljabar dan geometri. Siswa impulsive kurang kreatif kemampuan berpikir dalam penyelesaian masalah alajabar dan geometri. Perbedaan kemampuan berpikir dalam penyelesaian masalah aljabar dan geometri siswa reflektif dan impulsive dipengaruhi gaya kognitif masing-masing.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42765.pdf
Uncontrolled Keywords: Profile, Creativity, Student Reflective and Impulsive Students, Profil, Kreativitas, Siswa Reflektif dan Siswa lmpulsif
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 14 Dec 2017 03:24
Last Modified: 11 Jan 2019 04:06
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7115

Actions (login required)

View Item View Item