Saleh, Mohammad (2014) Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Berbasis React dan Problem Based Learning Berbasis Saintifik terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Matematis Siswa Kelas VII pada Materi Perbandingan. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
42625.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis ( l) pengaruh pembelajaran kontekstual berbasis REACT dan pembelajaran PBL berbasis saintifik terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi dan tingkat rendah terhadap basil belajar, (3) interaksi pengaruh antara penggunaan pembelajaran dan kemampuan berpikir matematis terhadap hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas Vll SMP Negeri 2 Tamanan kabupaten Bondowoso. Teknik pengambilan sampling menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian kelas VII-A, VIl-E dan VII-F, setiap kelas berjumlah 27 peserta didik. Kelas VII-A dengan perlakuan pembelajaran konvensional, Kelas Vil-E dengan perlakuan pembelajaran kontekstual berbasis REACT dan kelas Vl l-F dengan perlakuan pembelajaran PBL berbasis saintiflk. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dcngan pendekatan eksperimen.Pengumpulan data menggtmakan teknik dokementasi, observasi dan tes. Analisis data dengan Teknik Analisis Varians (ANAYA) Dua Jalur. Sebelum dilakukan analisis, dilakukan uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil uji bipotesis dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dipengaruhi oleh pembelajaran yang digunakan hal ini ditunjukkan oleh nilai Fhitung =84,758 , df = 2 dan a. = 0,05 didapat F1abel = 3,40 sehingga Fhitung > ftabel maka rata-rata hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran kontekstual berbasis REACT, PBL berbasis saintifik dan pembelajaran konvensioanal berbeda. Selain itu kemampuan berpikir matematis juga mempengaruhi basil belajar peserta didik, hal ini ditunjukkan oleh nilai F hilung = 35,772, df= l dan a.= 0,05 didapat F label= 4,24 sehingga F hitung > F label maka rata-rata basil belajar peserta didik yang berpikir matematis tinggi dan berpikir matematis rendah berbeda. Hubungan antara pembelajaran dan kemampuan berpikir matematis tidak saling mempengaruhi hal ini ditunjukkan oleh nilai F hitung = 0,760 , df = 2 dan a. = 0,05 didapat F tabel =3,40 sehingga F hitung < F tabel maka antara pembelajaran dan kemampuan berpikir matematis tidak sating mempengaruhi. Pembelajaran Kontekstual berbasis REACT disarankan untuk digunakan oleh guru matematika sebagai salah satu altematif belajar dalam mengajarkan materi perbandingan. Karen dengan menerapkan pembelajaran tersebut akan meningkatakan basil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 42625.pdf |
Uncontrolled Keywords: | results of the study, the ability to think mathematically, contextual learning based react and Problem Based Learning-based Scientific, Hasil belajar, kemampuan berpikir matematis, Kontekstual berbasis REACT, dan Problem Based Learning berbasis Saintifik |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 19 Dec 2017 03:35 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 01:55 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7119 |
Actions (login required)
View Item |