Implementasi Kebijakan Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Di Kota Baubau

Ruyahna, (2014) Implementasi Kebijakan Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Di Kota Baubau. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42753.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada masalah Bagaimana implementasi Kebijakan Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Di Kota Baubau dan Faktor-faktor apakah yang mendukung dan menghambat implementasi kebijakan Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah pada Sekolah Menengah Pertama di Kota Baubau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisi Implementasi Kebijakan Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Di Kota Baubau dan Faktor-faktor apakah yang mendukung dan menghambat implementasi kebijakan Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah pada Sekolah Menengah Pertama di Kota Baubau. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif fenomenologis dengan harapan dapat menggali dan mengumpulkan data secara mendalam guna memperoleh data utama yang dilakukan menggunakan wawancara langsung dengan informan. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan konsep dan tujuan kebijakan dapat dikatakan cukup efektif, dan program ini lebih baik daripada model manajemen dan pembelajaran di masa lalu yang cenderung konvensional. Keberhasilan program dalam mencapai tujuan meningkatkan mutu pendidikan sangat tergantung dan goodwill semua pihak yang terlibat. Keterlibatan atau partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan khususnya dalam implementasi kebijakan MPMBS pada Sekolah Menengah Pertama se Kota Baubau telah meningkat dan masih didominasi pada aspek fisik/gedung dan peralatan lainnya yang diwujudkan dalam bentuk sumbangan masyarakat melalui komite sekolah dan bantuan lain berupa material. Kebijakan MPMBS dipengaruhi faktor pendukung diantaranya: (I) Adanya lingkungan sekolah yang kondusif bagi pengembangan konsep dan tujuan kebijakan dan Peran Serta Masyarakat; (2). Adanya transparansi pengelolaan sekolah; (3) Adanya partisipasi masyarakat yang meningkat; (4) Adanya dana bantuan langsung "dana BOS"; (5) Adanya hubungan kerja yang kondusif dan harmonis. Sedangkan Faktor penghambat antara lain adalah: {1) Kurangnya kesiapan dari sumberdaya dan adanya keterpaksaan dari pelaksana kebijakan; (2) Sosialisasi kebijakan konsep dan tujuan kebijakan MPMBS yang hanya dilakukan secara temporer, sehingga konsep dan tujuan kebijakan MPMBS kurang tersosialisasikan ke target group dan stakeholders, serta menyebabkan adanya persepsi dan pemahaman yang berbeda dari para pelaku kebijakan terhadap konsep dan tujuan kebijakan MPMBS tersebut; (3) Belum dimilikinya kewenangan, kemandirian dan kebebasan ( otonomi) kepala sekolah dan guru dalam mengelola sekolah dan melaksanakan kebijakan MPMBS; (4) Rendahnya tingkat pendidikan masyarakat; (5) Adanya sikap dari para pendidik yang telah terkondisi bersikap pasif dan tidak kreatif (menunggu juklak dan juknis); dan (6) Banyaknya kegiatan administrasi tambahan yang baru ditangani kepala sekolah dan guru..

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42753.pdf
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kebijakan Manajemen, Mutu Pendidikan. Implementation, Policy of Management, Quality of Education.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.01 Public Schools (Sekolah Negeri)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 373.236 Lower Level Secondary School (Sekolah Menengah Pertama, SMP)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.07 Education, Research of Management (Pendidikan dan Riset Penelitian Manajemen)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 18 Jan 2018 04:10
Last Modified: 24 Jan 2018 02:21
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7166

Actions (login required)

View Item View Item