Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Respon SD Terhadap Implementasi Kebijakan Baru Di Kabupaten Pekalongan

Arfiyanto, Ari (2016) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Respon SD Terhadap Implementasi Kebijakan Baru Di Kabupaten Pekalongan. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42901.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan, pemerintah senantiasa membuat berbagai kebijakan baik secara konvensional maupun inovatif. Kebijakan barn yang turun hingga pada guru pada umumnya membuat mereka memiliki perasaan bercampur antara kecemasan, ketegangan, dan harapan. Hal itu akan mempengaruhi kinerjanya dalam menjalankan tugasnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi respon guru SD terhadap implementasi kebijakan barn. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SD di Kabupaten Pekalongan sebanyak 2.853 Orang. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 300 responden. V ariabel penelitian ini dijabarkan dari faktor-faktor tersebut menjadi 12 faktor internal dan 10 faktor eksternal. Data diambil dari kuisioner dan dilengkapi dengan wawancara sebagai pendukung. Data diolah dengan analisia faktor metode principal component. Hasil penelitian menunjukkan, berdasar olah data SPSS dengan analisis faktor-faktor yang mempengaruhi respon guru terhadap kebijakan barn dari ke-22 indikator tersebut di atas terjadi penggabungan menjadi 6 kelompok. Pengelompokan yang paling dominan memberi pengaruh adalah isi dan lingkungan kebijakan, selanjutnya berturut-turut variabelnya adalah kondisi sosial, disposisi, kesadaran tugas pokok dan fungsi, kesadaran dampak kebijakan dan paling akhir adalah partisipasi dalam kegiatan. Atas dasar pertimbangan wawancara bahwa guru setiap menerima kebijakan barn paling utama yang dilihat adalah isi kebijakan yang menjadi bahan dikusi dilingkungannya. Selanjutnya pada kegiatan selanjutnya mereka menghubungkan kebijakan barn tersebut dengan tupoksinya. Pada akhirnya mereka lebih melihat pada dirinya untuk terlibat berpartisipasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa faktor-faktor respon guru nampak pada pengetahuan yang dia miliki untuk diolah dalam dirinya dipelajari, diskusi dengan lingkungan akhirnya mereka mencoba bepartisipasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42901.pdf
Uncontrolled Keywords: Analysis Factor, Primary School Teachers Respond, New Policy, Analisis Faktor, Respon Guru SD, Kebijakan Baru
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 12 Feb 2018 02:33
Last Modified: 04 Oct 2018 07:03
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7218

Actions (login required)

View Item View Item